air terjun madakaripura
Wisata

4 Wisata Air Terjun di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan propinsi yang memang sangat lengkap sekali potensi wisata alamnya. Di Jatim ada banyak sekali gunung, pantai, goa, air terjun, dan juga wisata alam lainnya yang sudah digali potensinya untuk menjadi destinasi wisata pilihan. Dan yang paling diminati saat ini adalah destinasi wisata air terjun.

Setidaknya ada 4 wisata air terjun di Jatim yang sangat terkenal dan banyak sekali wisatawan yang datang kesana. Dan pada kesempatan ini saya akan share daftar air terjun yang lokasinya di luar Malang. Berikut ini adalah daftarnya

1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura berada di wilayah Probolinggo. Berdasarkan data dan juga pengalaman beberapa orang yang kesana, air terjun ini bisa ditempuh sekitar 2 jam dari pusat Kota Probolinggo. Air terjun ini sangat bagus, namun tetap harus hati hati jika ingin ke tempat ini.

Air terjun Madakaripura ini cukup dalam. Untuk itu beberapa orang yang tidak terlalu bisa beranang tidak disarankan untuk turun dan mandi di bawah air terjun. Karena beberapa kali ada korban jiwa karena tenggelam.

2. Air Terjun Sedudo

Air terjun Sedudo yang ada di Nganjuk ini adalah air terjun yang sangat ramai terutama di malam 1 Suro. Hal ini dikarenakan air terjun tersebut sangat kental dengan ritual mistis beberapa orang yang “ngelmu”. Beberapa di antaranya ingin memandikan pusaka atau keris serta yang lainya ada yang datang untuk membuat diri menjadi lebih cantik dan lebih ganteng.

3. Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun Kakek Bodo ini adalah air terjun yang berada di kawasan Tretes, Prigen Pasuruan. Air terjun ini bisa ditmpuh selama 30 menit dari Pandaan. Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari akses jalan sehingga anda bisa mengajak anak kecil dan beberapa keluarga anda kesana. Tetapi tidak disarankan untuk datang di waktu musim kemarau, karena biasanya volume air kecil dan air terjun tidk terlalu deras.

4. Air Terjun Dlundung

Air terjun Dlundung ini berada di area Wana wisata Trawas. Di tempat ini anda bisa menikmati suasana air terjun sambil berkemah. Hal ini cocok untuk anda yang ingin mengajarkan kesederhanaan pada anak anda. Dengan harga tiket masuk yang tidak mahal, anda bisa menuju tempat ini dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4.