Cara Bersihkan Noda Bandel di Dompet Wanita Bahan Kulit Patent
Lifestyle

5 Cara Bersihkan Noda Bandel di Dompet Wanita Bahan Kulit Patent

Tas ataupun dompet wanita dengan bahan kulit patent adalah salah satu aksesoris yang menawan. Namun, bila terkena noda membandel, sepertinya akan membuat tampilannya menjadi kurang menarik. Lalu, bagaimana caranya membersihkan noda membandel dari permukaan dompet berbahan kulit patent ini? Simak caranya berikut.

1. Seka dengan Kain Bersih dan Lembap

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dompet yang berbahan patent adalah dengan menyekanya menggunakan kain bersih dan lembap. Ingat, kain yang lembap. Jangan yang basah. Penggunaan kain lap basah hanya akan memperburuk keadaan dompet Anda. Gosoklah area yang terkena noda dengan perlahan hingga nodanya hilang.

2. Teteskan Larutan Pembersih pada Kain yang Lembut

Jika cara pertama tak berhasil untuk membersihkan noda pada dompet kesayangan Anda, maka selanjutnya Anda bisa mencoba meneteskan larutan pembersih. Teteskanlah larutan pembersih berbentuk semprot pada kain yang lap yang lembut. Bila Anda tak memiliki larutan pembersih, maka bisa membuatnya sendiri.

Caranya, cukup campur beberapa tetes sabun seperti sabun cuci piring atau mandi dengan air suling. Sebaiknya, pilihlah sabun yang tanpa pengharum agar tidak mempengaruhi dompet atau tas wanita Anda. Bila sudah, seka lagi noda tersebut menggunakan kain itu. Seharusnya, noda yang cukup bandel sudah bisa hilang dengan cara ini.

3. Cobalah Gunakan Petroleum Jelly

Lalu, bagaimana bila cara kedua juga tak berhasil. Itu artinya, noda di dompet Anda sangat bandel. Cobalah untuk menggunakan petroleum jelly yang bisa Anda temukan dengan bebas di pasaran. Cara membersihkannya cukup mudah. Ambil cotton bud atau tisu dan celupkan ke petroleum jelly. Setelah itu, gosokkan pada noda dengan gerakan kecil melingkar lembut.

4. Gunakan Alkohol

Masih tidak bisa? Maka, langkah berikutnya Anda perlu menggunakan alkohol. Caranya, celupkanlah kapas atau tisu atau cotton bud ke dalam alkohol dengan gerakan lembut melingkar. Tapi, Anda harus ingat. Alkohol adalah bahan yang keras. Menggunakannya pada tas atau dompet Anda bisa berakibat merusak warnanya.

5. Penghilang Cat Kuku

Nodanya masih tak bisa hilang? Astaga! Noda ini sangat bandel! Kalau begitu, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan penghilang cat kuku. Caranya sama dengan penggunaan alkohol. Celupkan tisu cotton bud dan lakukan gerakan yang sama. Menggunakan ini harus hati-hati. Sebab, penghilang cat kuku ini lebih keras dari alkohol.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan noda membandel di dompet ataupun tas wanita berbahan patent. Tas ataupun dompet dengan bahan ini memang sangat cantik dan fashionable. Salah satu merek dalam negeri yang menyediakannya adalah Palomino. Banyak jenis dompet dan tas yang bisa Anda temukan di sini.