5 Tanda Pertumbuhan Anak Kurang Optimal
Parenting

5 Tanda Pertumbuhan Anak Kurang Optimal

Setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda tergantung usia. Ada pula faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan anak, misalnya genetik, asupan nutrisi, lingkungan, dan lain-lain. Pertumbuhan anak normal bila memiliki tinggi dan berat yang standar usia masing-masing. Anda bisa menggunakan parameter tabel tumbuh kembang anak 0-5 tahun untuk mengetahui pertumbuhan buah hati tercinta.

Tanda anak tidak tumbuh dan berkembang sesuai usia

Anda wajib mendeteksi kegagalan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia mereka. Risiko stunting menjadi kecemasan tersendiri bagi seluruh orangtua di dunia, bukan? Demi mencegah anak Anda tumbuh kurang optimal baik fisik, kesehatan dan kecerdasan, maka ketahui 5 penyebab anak gagal tumbuh dan berkembang sesuai usia yaitu :

1. Asupan susu

Anak yang tidak mendapatkan asupan susu yang kurang optimal memiliki risiko alami kegagalan tumbuh dan berkembang sempurna. Asupan susu yang dimaksud mencakup ASI dan susu olahan lain. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil sejak lahir hingga berusia 6 bulan dengan asupan ASI penuh.

2. Kesulitan makan pada masa MPASI

Penyebab anak tidak bisa tumbuh baik sesuai tabel tumbuh kembang anak 0-5 tahun dikarenakan kesulitan makan pada masa MPASI. Memang orangtua wajib memperhatikan asupan menu MPASI yang dibutuhkan si kecil agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi.

Pasalnya, anak yang mulai tumbuh aktif bisa mengalami kesulitan makan atau sedikit pemilih. Bahkan anak-anak banyak yang enggan mengkonsumsi jenis buah dan sayuran yang memiliki kandungan serat, vitamin serta mineral.

3. Mengalami gangguan pencernaan

Masalah yang menyebabkan kegagalan tumbuh kembang secara sempurna karena anak mengalami gangguan pencernaan. Gangguan kesehatan yang dialami si kecil membuat ia kehilangan nafsu makan dan nutrisi tidak bisa diserap secara maksimal. Beberapa gangguan pencernaan yang acap dialami oleh anak-anak antara lain diare, gangguan asam lambung dan celiac.

4. Mengalami penyakit bawaan

Anak yang memiliki penyakit bawaan sejak lahir bisa mengalami kesulitan pertumbuhan dan perkembangan normal. Kondisi anak yang lahir dengan penyakit down syndrome, cerebral palsy dan kelainan jantung bisa mengalami kesulitan menyerap nutrisi makanan.

5. Masalah kesehatan

Kemungkinan bayi atau anak dibawah lima tahun mengalami gangguan dalam menyerap nutrisi makanan disebabkan oleh masalah kesehatan. Kondisi kesehatan yang kurang baik, pilek, flu, demam, kurang nafsu makan, dan berbagai penyebab yang membuat pertumbuhan terganggu.

Jika anak Anda mengalami sakit atau masalah kesehatan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak terkait. Anda harus segera mendeteksi dan mencari solusi guna meningkatkan pertumbuhan lebih optimal.

Dari ulasan mengenai penyebab tumbuh kembang anak mengalami masalah di atas, Anda wajib melakukan pencegahan sejak awal. Selalu berikan ASI sesuai jadwal, MPASI yang bergizi dan asupan nutrisi yang tepat sesuai usia. Anak yang mengalami kegagalan tumbuh kembang bisa memiliki risiko kesehatan saat dewasa kelak. Yuk, selalu periksa angka pertumbuhan buah hati Anda sesuai dengan tabel tumbuh kembang anak 0-5 tahun ya!