6 Aplikasi yang Tunjang Terlaksananya Smart City Jakarta
Lifestyle

6 Aplikasi yang Tunjang Terlaksananya Smart City Jakarta

Program smart city Jakarta memang sudah digaungkan beberapa tahun yang lalu. Program yang diprakarsai oleh mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini kini sudah mulai menunjukkan hasilnya. Ada banyak aplikasi yang ikut menunjang keberlangsungan smart city ini di Jakarta. Nah, apa saja aplikasi tersebut?

  • Qlue

Salah satu aplikasi yang ikut mendorong terciptanya smart city di Jakarta adalah Qlue. Aplikasi yang satu ini memiliki bentuk jejaring sosial dua arah yang mana dengan aplikasi ini Anda bisa menyampaikan aspirasi ataupun pengaduan secara real time. Selain itu, Anda juga bisa melamporkan semua kejadian di sekitar seperti macet, banjir, jalan rusak dan lainnya.

Aplikasi ini juga didukung dengan berbagai fitur keren yang akan makin mempermudah Anda dalam mendapat informasi seputar kota Jakarta. Di aplikasi Qlue ini, Anda juga mem-follow teman-teman Anda dan bergabung dalam forum diskusi layaknya yang ada pada jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

  • CROP

Aplikasi lain yang bantu tunjang keberlangsungan smart city Jakarta adalah CROP. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi khusus yang diperuntukkan bagi aparat Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dan aparat Kepolisian DKI Jakarta untuk mengakomodir konten yang dikirimkan warga dari Qlue. Aplikasi ini berbasis Android dan bisa digunakan pada iOS.

  • Zomato

Aplikasi pencari restoran di sekitar ini ternyata juga ikut berperan dalam menunjang smart city yang ada di Jakarta. Kenapa bisa? Sebab, aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi siapa saja dalam mendapatkan informasi di seluruh Jakarta sehingga Anda dengan mudah bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

  • Ragunan Zoo

Tak hanya itu, ada aplikasi lain yang juga ikut berperan dalam smart city di Jakarta. Ia adalah Ragunan Zoo yang mana aplikasi ini berisi tentang informasi seluruh kegiatan dan fasilitas Taman Margasatwa Ragunan. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi bila ingin berkunjung ke tempat ini karena tinggal mengklik aplikasinya saja.

  • Trafi

Trafi adalah salah satu aplikasi yang memberikan kontribusi besar dalam terwujudnya smart city di Kota Jakarta. Trafi sendiri merupakan aplikasi berbasis smartphone dan web yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai ketersediaan transportasi umum. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menghindari kemacetan.

  • Info Pangan

Info Pangan sebenarnya adalah sebuah web yang dikeluarkan oleh Pemerintahan DKI Jakarta. Web ini sendiri merupakan sebuah web yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan pangan di Jakarta dan menjadi wadah berbagi informasi harga pangan terkini, kenaikan harga dan perbandingan harga antar pasar yang ada di Jakarta.

  • Waze

Aplikasi lainnya yang ikut membantu terlaksananya smart city di Jakarta adalah Waze. Waze sendiri adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mencari rute atau memandu Anda dalam mendapatkan sebuah alamat secara real time.

Smart City di Jakarta Didukung Lintasarta

Lintasarta adalah salah satu penyedia layanan yang menyediakan jaringan untuk bisnis dan lainnya dengan sangat ketat dan baik. Jaringan yang disediakannya sangat lancar dan bisa diakses siapa saja. Dengan begitu, penerapan smart city dengan basis aplikasi seperti di atas akan lebih mudah dilakukan.

Nah, makin ke sini, smart city Jakarta semakin terlihat maju saja. Namun, tentunya untuk menciptakan kemajuan itu sendiri, peran warga masyarakat dan pemerintahan diperlukan. Smart city di Jakarta ini juga diterapkan dengan tujuan untuk mengimplementasikan berbagai perangkat digital guna pemerintahan yang efisien dan transparan.