6 Obat Batuk untuk Bayi dari Bahan Tradisional
Kesehatan

6 Obat Batuk untuk Bayi dari Bahan Tradisional

Seorang bayi memang sangat rentan terkena penyakit, apalagi seperti batuk yang sudah menjadi penyakit paling umum. Begitu pun dengan obatnya, sangat mudah didapat di mana saja. Bahkan Anda juga bisa meredakan batuk pada bayi Anda dengan obat yng dibuat dari bahan tradisional. Berikut obat batuk untuk bayi yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Jahe dan Kencur

Tidak hanya untuk meredakan batuk, jahe dan kencur juga dapat mengatasi pilek karena mampu melegakan dan menghangatkan tenggorokan. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu merebus satu siung jahe dan kencur. Setelah air rebusan itu didiamkan hingga hangat, minumkan air tersebut ke si kecil. Ingat, sedikit demi sedikit yang penting rutin.

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat ampuh untuk meredakan batuk. Caranya, peras jeruk nipis dan campurkan dengan air hangat, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu agar rasa asam dari jeruk dapat ternetralisir. Lalu minumkan pada bayi.

Kunyit

Selain untuk bumbu masak, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat batuk untuk bayi. Caranya sederhana, cuci kunyit hingga bersih lalu potong, rebus dengan air, kemudian diamkan air itu hingga hangat. Tambahkan sedikit madu dan minumkan pada bayi.

Larutan Salin (Garam Fisiologis)

Larutan ini digunakan untuk mengeluarkan lendir yang mongering di hidung bayi. Caranya, teteskan larutan salin ke dalam rongga hidung bayi dengan bantuan pipet. Anda harus ekstra hati-hati karena bayi akan reflex menggerakkan kepalanya. Isap kembali larutan salin yang telah mencairkan lendir dengan pipet tadi. Mintalah petunjuk dokter terkait dosis pemakaian.

Madu

Madu banyak dimanfaatkan untuk membantu bayi tidur nyenyak saat batuk pilek. Dengan kandungan anti-bakteri dan anti-oksidan, madu akan meningkatkan kekebalan dan daya tahan pada tubuh bayi. Selain itu, madu juga dapat meredakan batuk, radang tenggorokan, dan membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernafasan.

Namun, madu hanya boleh diberikan pada bayi berusia 1 tahun ke atas. Pilihlah madu alami yang berwarna gelap karena mengandung anti-oksidan yang tinggi. Jika bayi Anda masih berusia di bawah itu, lebih baik jangan berikan madu.

Bawang Putih

Anda dapat menggunakan bawang putih untuk dekongestan alami pada bayi Anda. Dekongestan merupakan obat yang dapat membantu mengurangi radang dan produksi lender yang berlebih, dengan kata lain untuk meredakan batuk dan pilek yang menyerang bayi Anda. Caranya, iris beberapa siung bawang, letakkan di piring, dan dekatkan di tempat tidur bayi. Kandungan sulfur pada aroma bawang putih yang tajam akan menarik keluar lendir dari rongga hidung, sehingga hidung yang tersumbat akan langsung lega.

Bagaimana, sangat mudah bukan membuat obat batuk untuk bayi dari bahan-bahan tradisional? Kini Anda tak perlu khawatir jika batuk menyerang bayi Anda, apalagi jika itu dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk membawa si kecil ke dokter. Anda sudah bisa membuat obat sendiri di rumah dengan bahan yang tentunya sudah ada di dapur Anda.