Anda Harus Tahu! Kekurangan dan Kelebihan Jasa Tukang Bangunan Upah Harian dan Borongan
Property

Anda Harus Tahu! Kekurangan dan Kelebihan Jasa Tukang Bangunan Upah Harian dan Borongan

Jasa tukang bangunan sangatlah penting saat anda akan membangun atau hanya sekedar merenovasi rumah anda. Namun sebelum memulai pembangunan, ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayaran para tukang bangunan. Langsung saja kita simak.

Tukang Bangunan Upah Harian

Kelebihan jika anda ingin menyewa tukang bangunan dengan upah harian adalah yang pertama, anda tidak mengeluarkan uang sekaligus dalam jumlah yang banyak hanya untuk membayar tukang bangunan. Karena anda membayarkan dengan sistem harian maka uang yang anda keluarkan perhari sedikit demi sedikit.

Anda juga dapat menyiapkan material apa saja yang dibutuhkan oleh tukang bangunan dan mereka akan bekerja secara maksimal tanpa banyak menganggur. Yang penting, terlebih dahulu anda menjelaskan kepada para tukang bangunan andasecara detail mengenai pembangunan rumah anda.

Selain itu, jika anda merasa pekerjaan dari tukang bangunan kurang memuaskan, anda bisa mengganti mereka dengan tukang bangunan yang lain saat itu juga, tidak perlu menunggu sampai pekerjaan mereka selesai.

Kekurangan dari menyewa tukang bangunan dengan upah harian adalah anda harus benar-benar mengawasi para tukang bangunan dengan ketat karena jika anda lengah, bukan hal yang tak mungkin guna mendapat upah lebih banyak mereka bekerja tidak maksimal, sehingga waktu pembangunan semakin mundur dan memakan waktu lebih lama dari seharusnya.

Tukang Bangunan Upah Borongan

Terdapat dua tipe jika anda memilih untuk menggunakan sistem borongan, yaitu borongan upah tenaga dan borongan secara keseluruhan. Jika anda memilih borongan upah tenaga, yang perlu anda bayarkan adalah upah untuk para tukang bangunan saja.

Namun jika anda memilih borongan secara keseluruhan, anda akan membayar seluruh material dan juga upah para tukang bangunan, karena semua biaya diserahkan kepada mandor atau kepala tukang.

Kelebihan jika anda memilih tukang bangunan dengan upah borongan adalah lama waktu pembangunan biasanya akan selesai lebih cepat, karena semakin lama proses pembangunan, semakin sedikit keuntungan yang mereka dapatkan. Total keseluruhan biaya yang anda keluarkan juga lebih murah.

Kekurangannya adalah anda harus mempersiapkan biaya dalam jumlah besar dalam satu waktu. Bukan hal yang tak mungkin para tukang bangunan terburu-buru ingin menyelesaikan proyek sehingga hasil akhirnya pun kurang memuaskan.

Tips Sebelum Memilih Tukang Bangunan

Jika anda akan melakukan renovasi dalam jumlah yang besar atau membangun sebuah rumah, lebih baik anda memilih tukang bangunan upah borongan, sebaliknya jika hanya pembangunan kecil dan renovasi saja maka pilihlah tukang bangunan harian. Jangan salah memilih tukang bangunan, bertanyalah kepada rekan atau tetangga anda rekomendasi tukang bangunan yang berpengalaman.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan jasa tukang bangunan upah harian dan borongan yang bisa anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan pilihan. Karena jika anda salah memilih tukang bangunan, biaya yang anda keluarkan pun bisa jadi semakin membengkak.