Apa Itu Pengadaan Barang B2B? beriku Ini Ulasannya
Other

Apa Itu Pengadaan Barang B2B? beriku Ini Ulasannya

Pastinya anda masih bertanya-tanya apa itu pengadaan barang B2B bukan? Istilah yang satu ini sendiri memang tengah popular belakangan ini. Terlebih lagi seiring adanya model bisnis online atau dikenal dengan e-commerce yang semakin popular di Indonesia. Ya, B2b ini sendiri merupakan salah satu model bisnis.

Dimana model bisnis yang satu ini memiliki focus pada penjualan produk maupun layanan yang akan diberikan kepada perusahaan lainnya. Lebih singkatnya, proses penjualan barang atau jasa tersebut tidak diperuntukkan bagi individu ataupun perorangan. Untuk lebih mengenal model bisnis ini, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Mengenal lebih dekat pengadaan barang b2b

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila model bisnis yang satu ini adalah business to business. Jenis bisnis yang satu ini berbeda dengan B2C  yang terfokus pada customer maupun B2G yang terfokus pada pemerintah. Transaksi bisnis kebisnisan ini sendiri merupakan rantai pemasokan barang maupun jasa kepada perusahaan.

Didalam konteks komunikasi, metode bisnis yang satu ini akan mengacu dimana seorang karyawan dari  perusahaan yang berbeda bisa saling terhubung seperti dengan menggunakan social media. Untuk lebih memahami pengadaan barang b2b ini, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Contoh B2B

Sebenarnya ada banyak contoh dari penerapan bisnis B2B ini dalam pengadaan barang. Seperti di bidang manufaktur mobil. Dimana ternyata komponen yang dihasilkan dari sebuah merk mobil sendiri berasal dari perusahaan lain dan tidak jadi satu. Seperti ban, selang, barang elektronik hingga baterai.

Dimana sebuah pabrik pembuatan mobil tersebut akan membeli setiap komponen untuk mobil dari berbagai macam pemasoknya hingga memasukkannya ke dalam produk akhir. Selain itu,  seorang pembeli juga bisa membeli suku cadang baik itu secara lusinan maupun ratusan biji. Bukan hanya itu saja, contoh lain dari aktivitas B2B ini juga bisa dilihat dari perusahaan penyimpanan dokumen dimana berbasis cloud dropbox.

Dimana model bisnis ini bisa melayani bisnis maupun perorangan. Selain itu, ada juga perusahaan eneral electric yang menghasilkan banyak barang untuk para konsumen. Tetapi juga bisa menyediakan suku cadang untuk sebuah perusahaan lainnya.

Proses pengembangan  pengadaan barang b2b

Proses pengembangan pemasaran untuk sebuah perusahaan B2B ini sendiri memang membutuhkan pendekatan yang cukup unik. Dimana berbeda dengan perusahaan B2CC dengan target konsumen. Dimana untuk B2B ini lebih menargetkan perusahaan lainnya. Untuk itulah, dibutuhkan tim khusus untuk melakukan pemasaran maupun pengadaan barang b2b ini.

Bukan hanya itu saja melakukan perancangan iklan untuk pemasaran B2B ini pun juga membutuhkan perencanaan yang cukup matang. Untuk itulah fungsi penjualan serta tim manajemen akan mendukung dan memperkuat hubungan dengan pelanggan maupun klien.

Demikian ulasan sekilas mengenai pengadaan barang b2b ini. Walaupun proses pengadaan barang b2b ini terbilang cukup menguntungkan, tetapi perusahaan juga harus memperhatikan proses pembukuan laporan keuangan didalam perusahaan. Selain itu, untuk proses pengadaan barang, anda bisa mengandalkan mbizmarket.co.id