Berita Terkini Seputar Dunia Ekonomi Dalam dan Luar Negeri
Other

Berita Terkini Seputar Dunia Ekonomi Dalam dan Luar Negeri

Meski Anda tak sadar, roda perekonomian selalu berputar di belakang Anda. Harga barang komoditas terus merangkak naik dan lainnya. Itu semua bisa Anda saksikan di berita terkini seputar dunia ekonomi. Tak hanya dari dalam negeri saja, dari luar negeri pun banyak berita ekonomi yang terus ada setiap saat.

Nah, bagi Anda yang suka menonton berita, baik itu berita dari dalam ataupun luar negeri, pastinya Anda sering menyaksikan berita jenis ini, kan? Apa saja yang sering diberitakan? Berikut ini adalah berita seputar dunia ekonomi yang sedang hangat beberapa hari ini. Apa saja?

Menteri Koordinator Kemaritiman Sebut TKA Tak Ambil Jatah Tenaga Lokal

Dalam sebuah pertemuan, Menteri Koordinator Kemaritiman negara Indonesia mengatakan bahwa tenaga kerja asing tidak mengambil jatah peluang kerja tenaga kerja lokal. Hal ini menyusul tindakan Kementerian ESDM yang mempermudah masuknya tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia.

Luhut Binsar mengatakan bahwa memang syarat masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia dipermudah. Namun, Indonesia tidak merekrut sembarang tenaga kerja. Hanya tenaga kerja yang memiliki keahlian saja yang diambil. Itupun jumlahnya terbatas. Katanya lagi dalam berita terkini, ini disebabkan kebutuhan tenaga kerja terampil yang tidak mencukupi.

Saat ini, kebanyakam warga asing yang bekerja di Indonesia berasal dari negara China. Setidaknya, di tahun 2017 lalu tercatat ada 126 ribu tenaga kerja asing di Indonesia. Jumlah ini meningkat pesat dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 74 ribuan saja. Tak cuma dari China, mereka juga berasal dari Jepang, Amerika, serta Singapura.

Harga Minyak Dunia Merosot Akibat Sentimen Pengenaan Tarif Impor Baja AS

Pada Rabu lalu, harga minyak dunia jatuh terperosok pada pasar modal. Isu berita terkini  ini diakibatkan sentimen terhadap rencana pengenaan tarif impor AS yang berpotensi menimbulkan perang harga. Dilansir dari Reuters hari ini, harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Mei turun 1,45 dolar Amerika per barelnya.

Sedangkan untuk minyak mentaj jenis AS West Texas Intermediate untuk pengiriman April ikut merosok 1,45 dolar Amerika per barel menjadi 61,15 dolar Amerika per barel. Ini termasuk penurunan terbesar yang terjadi semenjak tahun 2018 ini. Hal ini menimbulkan reaksi dari penasihat ekonomi Presiden Donald Trump.

Gary Cohn dianggap melakukan pengunduran diri dari posisi tersebut sebagai bentuk perlawanan terhadap kebijakan pemerintah. Selain perlawanan dari penasihatnya sendiri, Amerika juga mendapat protes dari beberapa negara besar seperti China dan Uni Eropa. Mereka mengatakan hal ini akan menimbulkan perang perdagangan global.

RI Menerapkan Bea Masuk Anti Dumping

Pemerintah Indonesia sekarang ini mempertimbangkan untuk menerapkan Bea Masuk Anti Dumping. Ini menyusul banjirnya impor baja asal China serta kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang mengenakan tarif bea masuk imor baja sebesar 25 persen. Meski begitu, ini masih dalam tahap pertimbangan.

Sebab, menurut Menteri Perdagangan, hal ini akan menimbulkan banyak masalah seperti protes dan lainnya. Oleh sebab itu hal ini diserahkan kepada Kementerian Perindustrian untuk melanjutkan proses penerapan bea ini ke Badan kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan.

Itulah beberapa berita terkini dari dunia ekonomi yang menjadi perhatian banyak orang. Baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Memang, Anda mungkin tak begitu memahami masalah pelik di dunia perekomian pejabat atas. Namun kadang, kebijakan apa yang mereka ambil sangat berpengaruh pada kehidupan Anda yang ada di bawahnya.