Butuh Pinjaman Tunai, Lebih Baik Ajukan ke Bank atau Fintech?
Other

Butuh Pinjaman Tunai, Lebih Baik Ajukan ke Bank atau Fintech?

Mau apply pinjaman tunai, tapi masih bingung harus ke bank atau fintech? Semua tentu ada plus minusnya dan kembali lagi pada kebutuhan kamu sebagai calon debitur.

Kalau punya jaminan misalnya berupa surat rumah atau penghasilan/deposito pensiunan, pinjam ke bank bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi kalau jumlah dana yang mau dipinjam cukup banyak, kisaran puluhan atau ratusan juta. Pinjaman dengan agunan yang diajukan ke bank bisa dibilang cukup ‘aman’ dan proyeksi persetujuannya lebih besar dibanding dengan pinjaman tanpa agunan.

Meski kisaran pinjamannya bisa lebih besar dan suku bunganya rendah, prosedur pinjam uang ke bank bisa dikatakan cukup rumit karena akan membutuhkan banyak dokumen dan survei lapangan. Bisa jadi juga akan memakan waktu berbulan-bulan bergantung pada analisis kreditur bank dan kevalidan dokumen-dokumen yang kamu ajukan. Bukan tanpa sebab, ini dilakukan tentu untuk melihat profil kamu sebagai calon debitur, kapasitas finansial untuk menentukan limit pinjaman, serta verifikasi data untuk keamanan dua belah pihak.

Di sisi lain, kalau pinjaman tunai yang dibutuhkan hanya kisaran jutaan, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan jasa atau aplikasi fintech kredibel seperti Kredivo. Maraknya aplikasi fintech atau pinjaman online saat ini bisa dikatakan cukup membantu banyak orang yang sulit mendapat akses kredit dari perbankan.

Meski demikian, tidak semua fintech layak dan aman untuk digunakan. Kalau mau menggunakan fintech, pastikan hanya yang perusahaannya sudah terdaftar di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Plus, fintech tersebut menampilkan informasi yang transparan soal suku bunga, kisaran pinjaman, masa tenor, serta kebijakan dalam mengelola privasi nasabahnya.

Rata-rata fintech yang ada saat ini menawarkan limit pinjaman mulai dari ratusan ribu hingga Rp 3 jutaan, dengan tenor mulai 14 hari atau maksimal 30 hari. Sementara suku bunganya beragam, namun karena termasuk pinjaman cepat tanpa jaminan apa pun, sebagian besar fintech membebankan suku bunga yang cukup tinggi, bisa 1% per harinya atau 30% per bulan. Tentu angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan suku bunga bank yang kisarannya 3% – 6% per bulan. Bisa dibilang, bunga yang tinggi adalah ‘harga’ yang harus dibayar oleh debitur dari cepatnya pencairan dana pinjaman, plus tanpa jaminan.

Dengan waktu pencairan yang rata-rata cuma memakan 1 sampai 2 hari kerja, nggak heran kalau fintech marak diminati orang, meski bunganya tinggi dan limit pinjamannya rendah. Di sisi lainnya, banyak orang yang cenderung nggak pikir panjang ketika mengajukan pinjaman tunai ke fintech. Saking mendesaknya, asal menyetujui pinjaman dan bunga yang tinggi, pada akhirnya kewalahan untuk melunasi pinjaman.

Supaya lebih aman, kamu bisa pilih Kredivo sebagai fintech pinjaman tunai yang punya bunga paling rendah dan hampir sama dengan yang ditawarkan perbankan. Hanya 2,95% per bulan untuk pinjaman mini atau pinjaman jumbo. Pinjaman mini adalah fitur pinjaman yang bisa kamu gunakan apabila butuh uang dalam jumlah kecil, mulai dari 500 ribu. Tenor pengembaliannya maksimal 30 hari dengan suku bunga 2,95%. Sementara itu, pinjaman jumbo bisa kamu manfaatkan apabila butuh pinjaman agak besar, mulai dari Rp 1 juta dan maksimal sejumlah limit Kredivo-mu untuk tenor 6 bulan. Pilihan tenor untuk pinjaman jumbo ada 2, yaitu: 3 bulan dan 6 bulan, dengan suku bunga pinjaman 2,95% per bulannya.

Apa itu limit Kredivo?

Limit Kredivo adalah sejumlah nominal limit kredit nontunai yang akan kamu dapatkan apabila pendaftaran akunmu sudah disetujui oleh Kredivo. Maksimal limit dari Kredivo adalah Rp 30 juta. Setiap pengguna akan mendapat jumlah limit yang berbeda-beda yang biasanya tergantung pada besaran penghasilan dan histori kredit masing-masing. Makin besar penghasilan dan makin baik histori kredit atau rekening pengguna, maka akan makin besar juga peluang untuk dapat limit besar.

Limit nontunai inilah yang nantinya bisa kamu cairkan dalam bentuk pinjaman tunai apabila sudah menjadi pengguna Premium Kredivo. Tinggal pilih mau pinjaman mini atau pinjaman jumbo, isi form data diri, jumlah pinjaman, tujuan pinjaman, tenor, dan nomor rekening atas nama pribadi, pinjaman akan langsung cair dalam waktu 1 hari kerja setelah disetujui.

Selain bisa dicairkan jadi pinjaman, limit ini juga bisa dipakai buat kredit barang di 250 lebih e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Kredivo: mulai dari Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Bhinneka, dan yang lainnya. Cuma dengan minimum pembelanjaan Rp 1 juta, kamu bisa cicilan pakai Kredivo dengan tenor 3/6/12 bulan, tanpa dp, dan bunga 2,95% aja per bulannya.

Mau jadi pengguna Kredivo? Yuk daftar sekarang juga!

Buat kamu yang sudah berusia minimal 18 tahun, berpenghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, kamu bisa download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan daftar jadi pengguna Premium sekarang juga.

Pastikan kamu memiliki akun internet banking yang aktif dan akun e-commerce yang ada histori transaksinya. Sebab, Kredivo akan meminta kamu menghubungan akun internet banking sebagai bukti penghasilan dan akun e-commerce sebagai bukti bahwa domisili kamu saat ini sesuai dengan persyaratan utama.