Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi Supaya Lebih Awet
Lifestyle

Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi Supaya Lebih Awet

Banyak orang yang memiliki motor injeksi namun tidak bisa merawatnya. Akhirnya motor cepat rusak dan harus ke bengkel terus menerus. Merawat sepeda motor memang tidak semudah yang dipikirkan. Ada banyak hal yang harus dirawat. Bila satu sparepart rusak, akan mempengaruhi kinerja dari motor tersebut. Berikut ini cara merawat sepeda motor injeksi supaya lebih awet.

Memakai Bahan Bakar Oktan Tinggi

Supaya mesin motor anda lebih awet, gunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi. Gunakan yang beroktan 90 ke atas. Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, akan membuat sistem pembakaran semakin sempurna. Jika anda menggunakan bahan bakar berkualitas rendah, akan meninggalkan kerak di sistem injeksi,

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan kerusakan di mesin anda. Sistem pembakaran di dalam mesin pun tidak sempurna. Oleh karena itu, gunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi, harganya memang sedikit lebih mahal. Namun bisa membuat mesin anda lebih awet dan tidak mudah mogok.

Cek Selalu Kondisi AKI

Aki termasuk komponen motor yang paling penting. Tanpa komponen ini motor anda tidak bisa berjalan. Motor sistem injeksi sangat dipengaruhi oleh kondisi AKI. Aki berfungsi sebagai penghidup mesin di sistem pembakaran. Anda harus cek kondisi aki secara rutin. Jika air di aki berkurang, anda harus menambahkannya,

Jika aki sudah tidak bisa menghasilkan arus listrik, anda harus segera menggantinya. Karena tidak bisa menyalakan motor dengan baik. Bila dibiarkan terus menerus, akan membuat aki rusak dan akhirnya berpengaruh dengan mesin sepeda motor anda. Selain itu gunakan aki yang berkualitas. Aki yang asli bukan aki yang palsu.

Ganti Oli Secara Rutin

Selain Aki anda juga harus memperhatikan kondisi oli. Oli merupakan bagian motor yang harus diganti secara rutin setiap dua bulan sekali atau bila motor sudah menempuh jarak 1000 km. oli berfungsi sebagai pelumas mesin anda. Tanpa adanya oli, mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Mesin yang kekurangan pelumas, akan mudah rusak dan gancet. Akhirnya motor akan tekor sendiri.

Anda harus mengganti oli secara rutin. Pilihlah oli yang berkualitas tinggi dan asli. Ganti oli di semua sparepart yang membutuhkan pelumas. Seperti gear, shockbeker dan lainnya. Ada beberapa ketentuan jarak untuk semua sparepart. Pastikan anda mengetahuinya dengan benar.

Cek Kondisi ECU

ECU merupakan electronic control unit. Bagian ini berfungsi sebagai pengoperasian sistem injeksi motor. Takaran bahan bakar dan buka tutup klep injector semuanya diatur oleh bagian ini. Bila bagian ini rusak, bisa mengganti sistem kerja mesin anda. Motor akan mogok dan tidak bisa distarter,

Untuk cek kondisi ECU anda bisa membawa ke bengkel secara rutin. Mereka akan mengecek bagian apa yang rusak dan tidak. Sehingga kondisi motor anda tetap baik an terhindar dari kesalahan fatal.

Perawatan Busi

Busi merupakan spare part ukuran kecil yang memiliki fungsi sangat penting. Busi berfungsi sebagai pematik proses pembakaran. Tanpa adanya spare part ini sistem pembakaran di motor tidak akan terjadi, oleh karena itu anda harus merawat busi dengan baik. Ganti secara rutin bila kondisinya sudah rusak.

Selain itu jangan terlalu sering digunakan di jalanan yang berlubang dan rusak. Karena kondisi jalanan bisa mempengaruhi kinerja busi.anda juga tidak boleh menyalakan dan mematikan motor terus menerus. Hal ini akan membuat busi cepat rusak.

Lakukan Servis Berkala

Inilah hal penting yang harus anda lakukan. Selalu lakukan perawatan berkala ke bengkel resmi sepeda motor. Cek di buku petunjuk, berapa jarak yang ditempuh untuk melakukan servis berkala. Biasanya anda harus menempuh 3.000 km, baru melakukan service berkala.

Jika motor anda sering digunakan terus menerus, harus lebih sering dilakukan service berkala. Sehingga semua kondisi motor anda baik. Itulah beberapa cara merawat sepeda motor yang tepat. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.