Cara Tepat untuk Membuka Bisnis Toko Sepeda Bagi Para Pemula
Lifestyle

Cara Tepat untuk Membuka Bisnis Toko Sepeda Bagi Para Pemula

Peluang bisnis selalu ada bagi mereka yang ingin mencoba hal baru dan terus berusaha. Salah satu caranya adalah dengan melihat potensi atau kesempatan dengan memperhatikan trend pasar dan lingkungan. Seperti saat ini misalnya, kesadaran masyarakat akan hidup sehat yang semakin meningkat telah membuat kebutuhan akan sebuah sepeda menjadi lebih besar dari sebelumnya. Dahulu sepeda hanya digunakan oleh anak kecil untuk bermain saja namun sekarang bersepeda menjadi trend untuk mendapatkan badan yang lebih sehat. Karenanya membuka sebuah toko sepeda bisa menjadi alternatif usaha yang bisa Anda rintis untuk mendapatkan keuntungan dari kebutuhan pasar.

Membuka toko dengan produk sepeda memang bukan perkara mudah. Anda perlu memiliki modal yang cukup besar untuk memiliki sepeda yang bisa di display di toko Anda. Namun dengan adanya kemauan semua bisa dilakukan. Jika Anda tak memiliki modal sendiri, Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas pinjaman bunga rendah yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan sektor ekonomi mikro. Atau Anda juga bisa membeli sepeda rakitan dengan melihat daya beli masyarakat di sekitar Anda. Sebagian merk sepeda atau distributor sepeda juga memberikan sistem konsinyasi untuk display sepeda sehingga Anda bisa memiliki koleksi sepeda untuk dijual tanpa perlu membelinya terlebih dahulu.

Setelah memiliki beberapa jenis sepeda di toko Anda, hal yang harus dilakukan berikutnya adalah mempopulerkan toko ke masyarakat luas. Jika lokasi toko yang dimiliki berada di tempat strategis seperti di dalam pasar atau pinggir jalan ramai, maka popularitas bisa didapat dalam waktu yang lebih cepat. Namun jika toko Anda berada di rumah yang masuk perumahan atau lingkungan yang tak terlalu ramai, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini untuk memperkenalkan toko sepeda:

  • Menyebar brosur.

Sarana promosi brosur bisa digunakan dengan efektif untuk memperkenalkan toko hingga ke lingkungan yang lebih jauh. Anda bisa menyebarkan brosur di jalan raya dekat dengan lokasi toko Anda hingga ke rumah-rumah penduduk agar masyarakat luas mengetahui bahwa ada toko baru di lokasi tersebut yang menjual sepeda.

  • Promosi.

Untuk seminggu pertama, lakukan promosi dengan cara memberikan diskon atau hadiah langsung bagi pembeli. Diskon tak perlu terlalu banyak namun cukup untuk mengundang minat pengunjung. Hadiah langsung bisa berupa alat tulis untuk anak-anak atau piring dan barang kecil lainnya untuk orang dewasa.

  • Pameran.

Jika ada pusat keramaian di lokasi yang dekat dengan toko, tak ada salahnya Anda membawa beberapa dagangan untuk dipamerkan di sana. Selain untuk memperkenalkan toko, Anda juga bisa langsung berjualan jika memang ada yang tertarik untuk membeli sepeda di lokasi tersebut.

Setelah toko Anda mulai dikenal masyarakat, jangan lupa untuk terus berinovasi dalam memberikan produk yang up date sesuai dengan trend pasar dan kebutuhan masyarakat. Berikan pelayanan yang ramah dan bersahabat agar calon pembeli merasa dibutuhkan dan dihormati untuk mendapatkan respon yang positif.

Untuk memperluas pasar, Anda bisa membuat toko online dengan nama sama seperti toko sepeda offline Anda dengan mencantumkan alamat lengkap toko. Dengan begitu Anda tak hanya memiliki pasar di lingkungan toko saja namun juga di seluruh Indonesia bahkan dunia. Namun Anda juga harus sering mengupdate koleksi agar bisa ditemukan bagi mereka yang sedang mencari produk sepeda di toko online atau di situs belanja online.