Demi Keselamatan, Lakukan 5 Tips Berkendara Ini di Jalan
Other

Demi Keselamatan, Lakukan 5 Tips Berkendara Ini di Jalan

Banyaknya kendaraan di jalan raya ternyata tak berbanding lurus dengan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berkendara. Angka kecelakaan lalu lintas masih saja tinggi. Berbagai cara dikerahkan pihak bersangutan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Namun, upaya apapun yang dilakukan tak akan bisa berjalan dengan baik jika pengendara tak sadar akan pentingnya keselamatan tersebut.

Tak jarang, kasus kecelakaan terjad karena kelalaian pengendara itu sendiri. Padahal, para pengendara bertanggung jawab akan dirinya sendiri. Terutama bagi para pengendara ang memiliki mobilitas tiggi atau sering menghabiskan waktu di jalan. Bekali diri dengan pengetahuan tentang safety riding adalah hal penting yang harus dilakukan.

Pengendara juga bisa melakukan beberapa tips untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, seperti:

  • Periksa kendaraan sebelum berpergian

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa kondisi mesin kendaraan anda. Jangan lupakan juga perlengkapan yang dibutuhkan, seperti helm, kotak P3K, alat dongkrak jika harus ganti ban mobil, surat-surat kendaraan hingga surat ijin mengemudi.

Contoh alat dongkrak mobil bisa dilihat di sini: https://www.krisbow.com/automotive-equipment/lifting/jack.html

Tak hanya itu, pastikan juga anda mengecek bahan bakar yang anda gunakan. Bahan bakar yang buruk berpengaruh terhadap kecepatan dan stabilitas kendaraan anda. Gunakan bahan bakar yang berkualitas agar kendaraan anda tetap stabil.

  • Jangan melawan arus

Beberapa pengendara masih saja tidak menaati peraturan dengan melawan arus. Padahal, banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena melawan arus. Ikuti arus jalan raya dan patuhi rambu-rambu lalu lintas sesuai dengan ketentuannya. Jalan raya memiliki aturan yang harus anda patuhi, anda bisa saja terjerat pasal hukum jika melanggarnya.

  • Cek kaca spion kendaraan anda

Kaca spion berfungsi untuk melihat kendaraan lain yang berada di belakang anda. Jika jalur yang akan anda ambil berbelok, maka cek kaca spion sebelumnya agar anda mengetahui apakah ada kendaraan lain di belakang anda atau tidak. Banyak kasus kecelakaan terjadi karena lupa mengecek kaca spion kendaraan.

  • Gunakan jalur kanan untuk mendahului

Jangan pernah menggunakan jalur kiri untuk mendahului. Ikuti ketentuan yang berlaku yakni mengambil jalur kanan untuk mendahului kendaraan lain.

  • Jangan menggunakan ponsel selama mengemudi

Simpanlah ponsel anda selama mengemudi. Bila memang darurat, berhentilah sejenak dan lakukan pembicaraan anda. Penggunaan ponsel pada jalan raya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

  • Hindari jalanan rusak dan berlubang

Salah satu penyebab kecelakaan fatal bagi pengendara sepeda motor adalah jalanan rusak dan berlubang. Biasanya ini bisa menyebabkan si pengendara jatuh dari motor, atau tertabrak saat menghindari lubang. Fenomena jalanan rusak ini sering terjadi saat musim hujan, dan ini merupakan PR bagi perusahaan jasa konstruksi yang ditunjuk dalam membangun infrastruktur jalan raya untuk menggunakan kualitas aspal yang baik dan tahan lama.

Menjadi pengendara yang baik harus dilakukan demi menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Lima poin di atas bisa menjadi panduan untuk anda dalam berkendara.