Fakta Unik Mengenai Kanopi Baja Ringan
Property

Fakta Unik Mengenai Kanopi Baja Ringan

Rasanya ada yang kurang apabila bangunan rumah tidak disertai dengan kanopi baja ringan. Fungsi kanopi adalah untuk melindungi bagian dalam rumah dari paparan sinar matahari maupun hujan. Kini menggunakan kanopi di rumah menjadi favorit terutama di daerah perkotaan. Terutama di berbagai perumahan dengan model dan gaya yang minimalis.

Mengapa Memilih Kanopi Baja Ringan?

  • Awet dan tahan lama

Kelebihan kanopi baja ringan memiliki banyak kelebihan antara lain adalah memiliki daya tahan terhadap cuaca ekstrem, tahan karat dan anti rayap. Hal ini dikarenakan bahan tersebut dilapisi lapisan anti karat yang bernama galvalum.

  • Minimalis dan banyak disukai

Ciri khas kanopi baja ringan tersebut adalah logamnya terekspos penuh sehingga menjadi keunikan tersendiri. Tak heran jika penggunaan kanopi tersebut menjadi favorit Anda yang mencintai desain rumah yang minimalis.

Hal ini terbukti dengan banyak ditemukan di area teras atau halaman belakang rumah berupa kanopi baja ringan di berbagai perumahan modern.

  • Ramah lingkungan dan dapat dipakai untuk menggantikan kayu

Penggunaan material baja ringan lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, dapat menggantikan kayu yang kini harganya semakin melonjak mahal dan keberadaannya semakin langka. Jika dibandingkan dengan kayu lebih ringan.

Kelebihan lainnya dibandingkan kayu adalah lebih bagus, tidak ada limbah sehingga tidak ada sisa sampah yang berlebihan. Dengan demikian, menggunakan baja ringan lebih praktis dan menghemat biaya pembersihan serta penyelesaian bangunan.

  • Cara pemasangan mudah dan cepat

Cara pemasangannya tidak membutuhkan peralatan yang ribet sehingga mudah dipasang dan cepat karena memakai konektor yang dipasang menggunkaan baut khusus.

Cara pemasangannya adalah pertama Anda tentukan ukuran dan bentuk kanopi. Lalu, kedua Anda membuat tiang penyangga. Ketiga, memasang kasau dan terakhir memasang kasau dan atap.

Meskipun proses pemasangan kanopi mudah dan dapat dikerjakan sendiri, namun alangkah baiknya jika dilakukan oleh ahlinya. Hal ini bertujuan agar proses pemasangan cepat selesai. Selain itu, agar hasil rancangan kanopi bagus dan berkualitas serta bentuknya lebih rapi.

  • Pilihan model beragam

Anda dapat memilih kanopi baja ringan untuk rumah mungil dan minimalis Anda dengan berbagai macam model yang bervariasi. Anda dapat memilih jenis tiang penyangga dan rangka atap seperti single, double atau cremona.

Jenis penutup atap yang dapat dipilih antara lain adalah  solartuff, go green, onduline, metal, spandex, polycarbonate, Alderon dan lain-lain. Memilih jenis tiang penyangga, rangka atap dan penutup atap merupakan langkah awal untuk memilih model kanopi rumah yang akan Anda bangun.

Langkah selanjutnya adalah Anda memilih bentuk atap. Ada pun pilihan bentuk atap yang dapat Anda pilih antara lain melengkung, datar dan miring. Anda juga dapat memasang kanopi dengan tiang atau tanpa tiang. Apabila tanpa tiang maka dengan atap membran sehingga rumah tampak lebih luas.

  • Harga terjangkau

Kanopi dengan bahan tersebut pemasangannya lebih murah jika dibandingkan menggunakan bahan lainnya. Untuk pemasangannya, Anda pastikan memakai bahan yang berkualitas dengan tingkat ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat menghemat biaya apabila menggunakan kanopi baja ringan. Terutama bagi Anda yang memiliki biaya terbatas tentu memilih kanopi tersebut adalah solusi yang tepat dan bagus. Harga pemasangan kanopi terebut pun cukup terjangkau. Begitu pula dengan harga kanopinya.

  • Desain kekinian

Menggunakan kanopi baja ringan desainnya kekinian dan akan tampak trendi sepanjang zaman. Modelnya dapat bertahan hingga 30 tahun. Dengan catatan model yang Anda pilih memiliki kualitas yang bagus dan terjamin mutunya.

Selain itu, rumah Anda juga akan terkesan minimalis dengan menggunakan kanopi baja tersebut. Mengapa desain tersebut sangat cocok untuk desain rumah minimalis? Hal ini dikarenakan desainnya sederhana, minim detail dan strukturnya yang terekspos.

Melihat kelebihan kanopi tersebut membuat Anda tidak ragu lagi untuk memasang kanopi baja ringan di rumah minimalis Anda. Jika dilihat dari kualitasnya, maka banyak keistimewaan yang dapat Anda rasakan.

Tips Memilih Model Kanopi Baja Ringan

  • Pengukuran lahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan antara lain adalah menentukan ukuran luas teras, carport dan halaman belakang yang akan diberi kanopi. Sebelumnya, Anda ukur detail panjang x lebar x tinggi dan overstek yang dibutuhkan.

Pengukuran ini penting untuk dilakukan dan merupakan langkah awal yang penting untuk dilaksanakan. Hal senada sama seperti yang dilakukan oleh pekerja konstruksi bangunan lainnya sehingga Anda tidak salah dalam memasang kanopi karena ukurannya tidak sesuai karena kebesaran atau terlalu kecil.

  • Menentukan anggaran biaya

Langkah selanjutnya adalah Anda menghitung anggaran biaya sehingga biaya yang akan dikeluarkan tidak membengkak. Biaya yang harus Anda siapkan disesuaikan dengandesain, kualitas material, model rangka dan penutup atap. Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda.

Apabila Anda memiliki biaya lebih maka Anda dapat melakukan renovasi rumah tanpa harus bingung dengan anggaran biaya yang harus dikeluarkan. Dengan demikian, tahap ini dapat dilewati.

  • Menentukan desain

Langkah selanjutnya adalah Anda menentukan desain kanopi sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Pada umumnya, model kanopi yang dipakai adalah menggunakan kanopi minimalis baja ringan. Hal ini banyak dipakai terutama di daerah perkotaan.

Anda juga dapat menggunakan konsep klasik. Ada pun pilihan rangkanya cremona dengan penutup atap genteng metal yang disesuaikan dengan model kanopinya.

  • Menentukan material rangka dan penutup atapnya

Ada 3 macam model rangka kanopi, yaitu baja ringan rangka single, rangka double dan rangka cremona.