FIFA JATUHKAN SANKSI UNTUK PSSI
Lifestyle

FIFA JATUHKAN SANKSI UNTUK PSSI

Komisi Disiplin FIFA, organisasi yang menaungi olahraga paling terkenal seantero jagat, yakni sepak bola, memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dilansir dari situs berita bola Indonesia, Bola Nusantara, hal ini merupakan imbas dari insiden yang terjadi saat tim nasional Indonesia menjamu Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 5 September silam.

Denda yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI berjumlah sebesar CHF45.000 atau setara dengan Rp643 juta. Dalam pertandingan antara dua negara yang merupakan rival abadi tersebut, suporter timnas Indonesia terlibat kericuhan saat pertandingan berlangsung dan juga pasca pertandingan. Hasil sidang komdis FIFA menyatakan bahwa PSSI terbukti melanggar Kode Disiplin FIFA terkait ketertiban dan keamanan pertandingan (artikel 16).

Namun demikian, sejatinya Indonesia mungkin saja dijatuhi hukuman yang lebih berat oleh FIFA seperti bertanding tanpa penonton atau bertanding di tempat netral. Komunikasi yang dilakukan oleh petinggi PSSI kepada FIFA nampaknya membuat sanksi yang lebih berat bisa terhindarkan.

“PSSI menghormati proses hukum dan putusan dari FIFA. Kami akan segera memenuhi kewajiban kami dan mengevaluasi agar tidak terulang,” ujar sekretaris jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Indonesia saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.