Huawei Nova 4
Gadget

Huawei Nova 4, Smartphone Dengan Layar Berlubang Resmi Dirilis!

sumber: Shopee

Menjelang akhir tahun 2018, suatu brand ternama dari negeri Tiongkok, Huawei, resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka dengan seri Nova, yakni Huawei Nova 4 pada tanggal 17/12/2018. Smartphone besutan Huawei ini merupakan smartphone yang mengusung notch “layar berlubang” dengan dibekali lensa selfie beresolusi 25 MP dan kamera utama beresolusi jumbo 48MP.

Sebenarnya smartphone dengan layar berlubang ini sudah diterapkan oleh Samsung Galaxy A8s, namun pihak Huawei juga mengklaim bahwa layar berlubang dari Nova 4 memiliki ukuran yang lebih kecil. Jika Samsung Galaxy A8s memiliki ukuran berdiameter  6,5 mm sedangkan Huawei Nova 4 memiliki lubang kamera yang berdiameter 4,5mm.

Yang lebih menariknya lagi adalah desain dari Huawei Nova 4 ini, memiliki desain layar penuh dengan kamera depan yang diletakan berupa sebuah titik kecil pada layar kiri di atas layar. Pada bagian panel depannya, ponsel ini memiliki layar berukuran 6 inci tipe IPS LCD yang beresolusi 2310 X 1080 piksel dan juga dilengkapi dengan bezel yang super tipis. Berbeda dengan seri sebelumnya Nova 3, Huawei Nova 4 ini memiliki desain yang lebih ramping, rapi dan bersih dengan mengusung layar berlubang “Punch Hole.”

Pada sisi jeroannya, ponsel buatan Huawei ini memang dirancang untuk segmen mid-High dengan spesifikasi yang sangat handal. Huawei Nova 4 dipersenjatai dengan prosesor buatan Huawei sendiri yaitu Kirin 970 yang didukung dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internal berkapasitas 128GB. Untuk sistem operasinya sendiri Huawei Nova 4 sudah menjalankan sistem operasi terbaru dari Android yaitu OS Android Pie dengan user Interface EMIU 9.0.1. Sedangkan  untuk menampung kekuatan daya baterainya ponsel ini didukung dengan baterai berkapasitas 3.750 mAh dan terdapat sensor sidik jari pada bagian belakang ponsel.

Berbicara soal sektor kameranya, ponsel buatan Huawei ini sepertinya memanjakan pengguna yang gemar fotografi atau selfie dengan tiga kamera utama. Masing – masing dari kameranya dibekali dengan konfigurasi 45MP f/1.8 (main) dan adanya wide-angle, untuk kamera kedua memiliki konfigurasi 16MP dengan bukaan  f/2.2, dan kamera ketiganya memiliki konfigurasi 2MP dengan depth sensor atau efek bokeh.

Adapun pada kamera utama yang berkonfigurasi 48 MP ini juga telah menggunakan sensor dari Sony IMX586 CMOS dengan sensor yang dapat memotret berbagai foto sekaligus  dan dapat menggabungkan berbagai kondisi untuk mengambil foto sebesar 12 Megapiksel yang maksimal walaupun dalam kondisi minim cahaya. Selain itu untuk lubang kamera yang berada pada layar di depan ponsel ini, dapat digunakan untuk kamera selfie dengan konfigurasi 25MP dengan bukaan f/2.0.

Sebagai informasi, Huawei Nova 4 ini diluncurkan di Cina dalam dua varian, yaitu Standar dan premium.  Untuk versi standarnya Huawei Nova 4 dengan kamera 20MP dibanderol dengan harga 3,100 Yuan (IDR 6.550.000), sedangkan untuk versi premiumnya Huawei Nova dengan kamera 48MP dibanderol dengan harga 3,400 Yuan (IDR 7.200.000). Perbedaan dalam dua varian versi standar dan premium hanya berbeda pada resolusi kameranya, sedangkan untuk spesifikasinya tetap sama.