Imun Tubuh Adalah Hal Penting Untuk Kesehatan Lansia
Kesehatan

Imun Tubuh Adalah Hal Penting Untuk Kesehatan Lansia

Daya tahan tubuh atau imun tubuh merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Ketika imun kuat, maka kita bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit. Imun tubuh adalah sistem dalam tubuh yang menjaga tubuh dari masukanya berbagai virus dan bakteri. Dengan imun yang kuat, kita akan menjadi lebih sehat. Terutama untuk lansia, yang daya tahan tubuhnya sudah tidak begitu bagus. Harus melakukan berbagai cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut ini beberapa cara meningkatkan imun tubuh bagi lansia.

Perbanyak Konsumsi sayur dan Buah

sayur dan buah mengandung nutrisi yang baik untuk imun tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya, akan menguatkan imunitas tubuh. Sehingga bisa melawan virus dan bakteri dengan baik. orang yang jarang konsumsi sayur dan buah, sistem imunitasnya tidak sebaik orang yang konsumsi sayur dan buah, makanlah sayur dan buah yang tinggi vitamin C, karena kandungan antioksidannya tinggi dan baik untuk sistem imunitas tubuh.

Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur bisa membuat imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu penting untuk memenuhi kebutuhan tidur sesuai usia. Untuk orang dewasa atau lansia, membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam perharinya. Untuk lansia, bisa tidur di siang harus minimal satu jam. Ini bisa membuat tubuh lebih bugar. Kemudian di malam hari, tidurnya di waktu yang cukup. Jangan begadang, karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Jangan Stress

Lamsia atau orang tua sangat mudah stress. Apalagi ketika tidak banyak kegiatan yang mereka lakukan. Imun tubuh adalah suatu sistem yang juga dipengaruhi oleh kondisi mental seseorang. Saat mental kita tidak bagus, maka akan mempengaruhi sistem imunitas. Stress yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortiso. Peningkatan hormon ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Oleh karena itu orang tua harus mengelola stressnya dengan baik. bisa dnegan tidur cukup, liburan atau bermain dengan anak cucu.

Rajin Berolahraga

Lansia juga harus rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Tidak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan yang dilakukan secara rutin. Misalnya jalan pagi, senam lansia dan lainnya. dengan melakukan olahraga rutin, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan bisa melawan berbagai jenis penyakit.

Semua cara diatas, akan semakin optimal dengan konsumsi menu makanan yang tepat. orang tua harus makan dengan cukup. Bila kesulitan makan, bisa mengkonsumsi boost optimun untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Susu ini mengandung berbagai vitamin dan mineral lengkap yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jadi imun tubuh adalah suatu hal yang harus dijaga dengan sebaik mungkin.  entah itu untuk anak-anak hingga lansia.