Ini 8 Benda yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi YouTuber Pemula
Lifestyle

Ini 8 Benda yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi YouTuber Pemula

Cita-cita menjadi seorang YouTuber adalah salah satu cita-cita yang populer belakangan ini. Bahkan dalam salah satu kunjungan kenegaraan, Presiden RI Jokowi bertanya kepada seorang anak usia SD mengenai cita-citanya, dan sang anak menjawab bahwa ia ingin menjadi seorang YouTuber.

YouTuber sendiri adalah orang yang kerap memberikan konten-konten berupa video, memberikan informasi dan hiburan kepada penonton melalui media sosial YouTube. Banyak orang yang termotivasi untuk menjadi YouTuber karena mereka bisa mendapatkan penghasilan besar dengan melakukan pekerjaan yang menyenangkan. Ya, jika jumlah penonton dan pengikut akun milikmu sudah banyak, maka kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube dan iklan dengan jumlah yang tak sedikit.

Untuk kamu yang mau menjajal peruntungan di dunia YouTube, kamu bisa mulai dengan membuat sejumlah ide konten terlebih dahulu. Jika ide tersebut sudah matang, saatnya eksekusi dengan membuat video. Biar video yang kamu buat hasilnya maksimal dan bisa menarik penonton, kamu membutuhkan peralatan ini.

  • Kamera

Peralatan paling penting yang harus kamu miliki adalah kamera. Ada berbagai macam kamera yang bisa digunakan untuk membuat video dengan kualitas gambar yang bagus. Kamu bisa gunakan kamera mirrorless, action camera, atau bahkan kamera smartphone. Semuanya tergantung dari isi konten YouTube-mu. Kalau kamu mau bikin video travel di alam bebas, lebih baik jika kamu menggunakan action camera yang tahan air dan debu. Kalau kamu mau membuat video seputar makeup seperti tutorial atau review make up, kamera mirrorless akan menghasilkan gambar yang lebih bagus.

Saat ini juga banyak kamera smartphone yang kualitasnya setara dengan kamera profesional. Kalau kamu masih coba-coba, tak ada salahnya untuk memaksimalkan fungsi smartphone-mu. Jika sudah mempunyai banyak penonton dan subscriber nanti, kamu bisa upgrade kameramu. Gunakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit supaya tabunganmu tak langsung ludes terkuras. Bunganya cuma 2,95% per bulan, tenornya pun beragam hingga 12 bulan!

  • Mikrofon

Selain kualitas gambar, bagus tidaknya sebuah video juga dinilai dari kualitas suara yang dihasilkan. Apalagi jika isi vlog kamu banyak terdapat narasi atau kamu memang mau membuat video musik. Untuk jenis mikrofon yang harus dibeli, kembali lagi ke jenis konten YouTube-mu nanti. Untuk video di luar ruangan seperti moto vlog atau travel vlog, kamu bisa membeli mic berukuran kecil seperti clip on, sedangkan jika video kebanyakan diambil di dalam ruangan, beli saja mikrofon yang bisa menghasilkan suara yang jelas.

  • Kartu memori

Saat membuat video YouTube, kemungkinan kamu akan mengambil gambar berkali-kali. Satu memori card kemungkinan tidak akan cukup untuk menampung semua video-videomu. Untuk mengantisipasi memori penuh saat kamu sedang mengambil video, kamu membutuhkan memori cadangan berkapasitas besar. Selain memerlukan memori berkapasitas besar, kamu juga harus memperhatikan kualitas dari kartu memori tersebut, tentu kamu tak mau kan harus kehilangan data-data yang penting karena kartu memori rusak?

  • Stabilizer kamera

Untuk kamu yang mau membuat video di lingkungan outdoor atau daily vlog, maka kamu juga harus punya stabilizer kamera.  Alat ini berfungsi supaya kamera yang kamu pegang tak bergoyang-goyang. Hasil videonya pun menjadi lebih stabil. Kalau videomu goyang-goyang, penonton pastinya akan kurang nyaman untuk menyelesaikan videomu.

  • Lighting

Pencahayaan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuat video. Terkadang cahaya matahari saja tak cukup untuk menerangi objek video, sehingga kamu membutuhkan lighting tambahan untuk menerangi objek. Lighting yang diperlukan juga berbeda-beda, tergantung dari jenis video yang mau diambil. Kamu bisa pilih lampu LED kecil untuk mengambil gambar di luar ruangan dan di malam hari. Sedangkan kalau mau membuat video seputar makeup, kamu bisa gunakan ring light, yang mampu memberi cahaya yang terfokus pada satu arah.

Harga lighting kamera sendiri cukup variatif di kisaran Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan. Tak perlu menunggu gajian tiba, kamu bisa memanfaatkan Kredivo. Selain menawarkan cicilan tanpa kartu kredit, Kredivo juga mempunyai opsi bayar dalam 30 hari, yang memungkinkan kamu membayar secara tunai dalam 30 hari setelah pembelian dilakukan.

  • Laptop atau PC

Setelah peralatan untuk mengambil gambar, peralatan untuk mengedit video juga tak kalah penting. Pertama-tama, tentu kamu membutuhkan sebuah laptop atau PC untuk proses mengedit gambar hingga mengunggahnya ke channel YouTube. Sangat disarankan untuk menggunakan laptop atau PC yang mempunyai spesifikasi tinggi, seperti kapasitas memori yang besar, hingga minimal prosesor quad core, mengingat ada banyak file yang harus dimasukkan dan diedit.

Kalau laptop atau PC milikmu belum cukup mumpuni untuk mengedit video, tak ada salahnya membeli yang baru, apalagi jika kamu mau mulai serius untuk menjalani profesi sebagai YouTuber. Supaya lebih ringan dalam membayarnya, kamu bisa ambil cicilan tanpa kartu kredit menggunakan Kredivo. Proses pengajuan cicilan tanpa kartu kredit di Kredivo sangat mudah, kamu cukup mengunggah foto KTP, menyambungkan akun e-commerce yang mempunyai riwayat transaksi, menghubungkan akun internet banking, dan tinggal menunggu proses persetujuan maksimal 1 x 24 jam.

  • Software untuk edit video

Tentu kamu tak akan bisa mengedit video dengan bermodalkan laptop atau PC saja kan? Kamu pastinya membutuhkan software tambahan untuk melakukan proses editing.  Jika kamu masih pemula, kamu bisa coba Corel Video Studio Pro X8 yang mudah untuk digunakan.  Sedangkan jika kamu sudah ahli, gunakan Sony Vegas Pro atau software lain yang lebih canggih