Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Lakukan Pengadaan Barang Digital
Other

Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Lakukan Pengadaan Barang Digital

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, bagaimana proses pengadaan barang yang dilakukan secara digital? Apakah itu tak merepotkan? Sebenarnya, secara garis besar mengadakan barang dan jasa menggunakan siste, digital atau disebut juga dengan eprocurement itu sangat bermanfaat. Ini alasan kenapa sebaiknya kamu juga menggunakannya!

1. Pengadaan Barang Sistem Digital Bisa Menekan Biaya

Salah satu alasan kenapa sebaiknya kamu mulai beralih ke sistem eprocurement adalah bisa menekan biaya. Beberapa hal yang sebenarnya bisa kamu hindari dan membuat biaya menumpuk adalah duplikasi pada pembelian barang atau jasa tersebut. Selain itu, jumlah barang yang dibeli juga bisa dikontrol lebih mudah dengan sistem ini.

Alasan lain kenapa belanja barang dan jasa dengan sistem digital lebih hemat biaya adalah kamu tak perlu mengeluarkan biaya pembuatan dokumen fisik yang biasanya dilakukan untuk dokumentasi pengadaan tersebut. Satu lagi, kamu juga bisa menghindari karyawan yang ‘main mata’ dengan menaikkan harga barang untuk keuntungan sendiri.

2. Pengadaan Barang Sistem Digital Lebih Transparan dalam Pengeluaran

Keuntungan lainnya adalah mengadakan barang dengan sistem ini akan memudahkan kamu dalam menyusun dan menganalisa laporan tentang pembelian. Semua sudah tersusun secara lengkap dengan sistem yang ada sehingga kamu bisa menemukan celah dengan cepat bila ada kecurangan. Selain itu, kamu juga bisa memastikan prosedurnya sesuai dengan kebijakan.

3. Pengadaan Barang Sistem Digital Meminimalisir Dokumen Fisik

Bila biasanya mengadakan barang dengan sistem konvensional perlu banyak dokumen fisik untuk dokumentasi, namun dengan sistem ini, kamu tak memerlukannya. Semua dokumentasi pembelanjaan sudah ada dalam platform tempat kamu belanja dan itu bisa diakses dengan mudah oleh orang terkait untuk berbagai keperluan.

Hal ini juga sangat bermanfaat untuk meminimalisir dokumen yang hilang, tertumpuk atau malah terbawa oleh orang lain yang tak berkepantingan. Kamu juga bisa lebih cepat menyelesainkan laporan dokumentasi tentang pembelanjaan barang dan jasa sehingga bisa lebih produktif.

4. Pengadaan Barang Digital Bisa Menghindari Eror

Alasan lain kenapa sebaiknya kamu belanja dengan sistem ini adalah untuk menghindari eror yang sering terjadi bila dilakukan secara manual. Sebab, kamu bisa langsung memeriksa informasi yang kurang ataupun salah dan itu bisa diperbaiki dengan mudah dan cepat. Tentunya, hal ini bisa sangat membantu kamu terlebih bila ada selisih yang cukup besar.

5. Pengadaan Barang Digital Memiliki Standar Pembelian

Alasan lain kenapa sebaiknya kamu mulai beralih ke sistem digital ini adalah adanya standar pembelian dari suatu barang. Maksudnya adalah barang yang dipilih memiliki standar yang bagus dan kamu bisa mengontrol barang yang masuk dengan bantuan teman-teman yang bertugas dalam tim pengadaan. Dengan begitu, semua lebih terstruktur.

Bila perusahaanmu sudah memutuskan untuk menggunakan sistem digital pada pengadaan jasa dan barang untuk kantor, maka kamu bisa gunakan MbizMarket untuk penuhi kebutuhan. MbizMarket solusi pengadaan online no 1 di Indonesia yang sediakan lebih dari 90 ribu produk dalam 11 kategori berbeda dari ribuan vendor terbaik yang tentunya membantu kamu.