Ini Dia Fungsi Panty Liner dan Waktu Penggunaanya yang Tepat
Kesehatan

Ini Dia Fungsi Panty Liner dan Waktu Penggunaanya yang Tepat

Panty liner merupakan produk kewanitaan yang punya bentuk mirip seperti pembalut, namun memiliki ukuran lebih kecil. Perbedaan dengan pembalut adalah panty liner punya daya serap dan tampung lebih sedikit. Jika dibandingkan dengan pembalut, fungsi panty liner hampir sama, hanya saja lebih tepat digunakan pada saat awal atau akhir menstruasi.

Selain itu, penggunaan panty liner juga tidak boleh sembarangan. Anda disarankan untuk tidak menggunakannya setiap hari. Lalu, kapankah waktu yang terbaik untuk menggunakan panty liner? Untuk mengetahuinya, Anda dapat simak informasinya di bawah ini.

Kegunaan Panty Liner

Penggunaan panty liner memang tidak disarankan setiap hari, namun tidak berarti panty liner tidak boleh digunakan sama sekali. Berikut ini adalah beberapa saat tepat untuk menggunakan panty liner yang dapat membuat daerah kewanitaan Anda lebih nyaman.

  1. Mengatasi Cairan Keputihan Banyak

Pada saat cairan vagina atau keputihan sedang dalam kondisi yang banyak, menggunakan panty liner dapat menjadi langkah tepat yang bisa Anda pilih. Hal ini pada umumnya dapat terjadi saat masa subur atau ovulasi tiba.

Panty liner dapat Anda gunakan untuk membantu proses penyerapan cairan keputihan berlebih tersebut, sehingga vagina tetap dapat merasa nyaman dan dalam keadaan lembap.

  1. Menampung Flek di Awal dan Setelah Menstruasi

Pada saat sebelum datangnya menstruasi, flek akan keluar pada vagina. Flek tersebut dapat menjadi salah satu tanda jika menstruasi akan segera datang ataupun saat menstruasi akan selesai atau berhenti. Nah, pada saat seperti itu, menggunakan pembalut tentu terlalu besar jika hanya digunakan menampung flek tersebut. Untuk itu, Anda dapat gunakan panty liner sebagai penggantinya.

  1. Membantu Saat Terjadi Inkontinensia Urin

Inkontinensia Urin merupakan suatu kondisi tubuh yang kesulitan dalam mengontrol hasrat buang air kecil atau kencing. Pada saat Anda mengalami kondisi seperti ini, panty liner dapat dijadikan solusi untuk mencegah urin keluar di saat tidak tertahankan. Jadi, panty liner ini dapat menyerap urin terlebih dahulu sehingga celana dalam tidak akan langsung basah.

Waktu Pemakaian Pantyliner yang Benar

Seperti halnya pemakaian pembalut yang tidak disarankan untuk digunakan seharian penuh, penggunaan panty liner juga seperti itu. Agar keadaan kewanitaan Anda nyaman dan aman, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan penggantian panty liner paling tidak untuk 4 jam sekali.

Selain itu, saat menggunakan panty liner, Anda disarankan untuk memakai celana dari katun. Hal itu bertujuan agar aliran jalannya udara di daerah kewanitaan Anda dapat terjaga dan juga agar vagina tidak lembap dan berkeringat.

Berdasarkan ulasan tentang waktu penggunaan dan fungsi panty liner di atas, saat ini Anda dapat memanfaatkan panty liner dengan lebih tepat. Dengan begitu, kondisi daerah kewanitaan Anda tetap dapat terjaga kesehatannya dengan lebih baik. Nah, Anda juga bisa dapatkan informasi seputar kewanitaan seperti di atas melalui charmgirlstalk.com.