Inilah Manfaat yang Terkandung dalam Susu Bayi Soya
Parenting

Inilah Manfaat yang Terkandung dalam Susu Bayi Soya

Susu soya atau kedelai merupakan salah satu jenis susu yang biasa digunakan sebagai pengganti susu sapi untuk si kecil. Di mana susu bayi yang satu ini diperuntukkan untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa maupun alergi protein susu sapi. Di mana jika anak yang mengalami intoleransi laktosa, bayi akan mengalami gangguan pencernaan.

Dan tahukah Bunda, ada manfaat lain loh dari susu bayi soya selain untuk pengganti susu sapi akibat anak mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi. Berikut ini manfaat lain dari susu bayi soya.

6 Manfaat Lain dari Susu Bayi Soya

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti yang Bunda ketahui, jika soya atau kedelai merupakan salah satu jenis kacang – kacangan. Di mana kacang – kacangan adalah salah satu sumber serat oleh tubuh. Ini berarti kedelai juga kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh si bayi.

Di mana serat merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga, anak tidak akan mengalami gangguan pencernaan.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Selain kaya akan serat, susu kedelai juga kaya akan antioksidan. Antioksidan dikenal mampu menangkal serta melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dalam tubuh. Jadi, tubuh tetap sehat karena tidak mudah terserang penyakit yang ditimbulkan dari paparan radikal bebas.

  1. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Di dalam susu bayi soya terdapat asam amino essensial. Di mana asam amino essensial ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, asam amino juga mampu memperbaiki jaringan tubuh.

  1. Mendukung Perkembangan Otak

Susu bayi soya mengandung asam lemak sehat, seperti omega 3, dan omega 6. Di mana kedua asam lemak sehat ini sangat dikenal untuk mendukung perkembangan otak bayi. Yang mana omega 3, dan omega 6 mampu meningkatkan kecerdasan bayi serta meningkatkan kemampuan berpikir dan menganalisis.

  1. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Biasanya dalam susu bayi soya, terdapat beberapa nutrisi lainnya, seperti vitamin dan mineral. Dalam hal ini vitamin serta mineral tersebut adalah vitamin D dan Kalsium.

Vitamin D serta Kalsium sangatlah diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tulang serta gigi bayi. Jadi, tulang bayi semakin kuat serta gigi bayi akan cepat tumbuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam susu bayi soya biasanya mengandung protein yang tinggi serta lemak jenuh yang rendah. Protein tinggi serta lemak jenuh rendah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kedua nutrisi tersebut bisa menurunkan serta mengontrol kolesterol. Di mana tingginya kolesterol bisa menyebabkan penyakit jantung.

Nah, itulah keenam manfaat yang diperoleh dari susu soya untuk bayi. Jadi, jika si buah hati mengalami alergi susu sapi, atau mengalami intoleransi laktosa, Bunda bisa mengganti susu si kecil dengan susu soya. Namun, Bunda harus mengonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.