Kenali Penyebab Bisul dan Cara Mencegahnya!
Kesehatan

Kenali Penyebab Bisul dan Cara Mencegahnya!

Kulit menjadi peran utama untuk menjaga kekebalan tubuh manusia terhadap benda asing dan kuman. Sayangnya berbagai macam penyakit masih bisa muncul menyerang kulit. Ada banyak penyakit kulit, diantaranya dermatitis, herpes, hives, psoriasis, jerawat, kudis, kurap, impetigo, campak dan bisul. Berbicara mengenai penyakit kulit, bisul jadi salah satu masalah yang sering terjadi pada manusia. Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang berbentuk benjolan merah dan dapat membesar. Masalah kulit yang satu ini sering terasa nyeri seiring dengan bertambahnya ukuran. Bisul bisa tumbuh di semua bagian tubuh, namun kebanyakan bisul biasa tumbuh di bagian kulit yang lembab, seperti ketiak, leher dan pantat.

Meskipun terlihat sepele, namun bisul bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika ukurannya tampak besar. Hal itu menurunkan rasa percaya diri. Selain itu sensasi nyeri dan perih akan menghalangi kegesitan gerak Anda. Jadi apabila Anda memiliki bisul di badan, segeralah obati dengan obat bisul cepat sembuh yang bisa Anda temui di apotek-apotek kesayangan Anda.

Penyebab Bisul

Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang dapat ditemukan pada kulit dan di dalam hidung. Selain itu, bakteri ini juga bisa memasuki tubuh melalui luka di kulit atau merambat ke folikel rambut. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa apabila muncul berulang kali, bertumbuh dengan cepat dan menimbulkan kondisi yang parah, penyebab bisul ini umumnya terjadi dikarenakan bakteri MRSA (methicillin-resistant staphyloccocus aureus). Ini adalah tipe spesifik S. aureus yang mampu bertahan dari jenis obat antibiotik tertentu. Beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab bisulan antara lain:

  • Sering mengonsumsi gula dan telur yang berlebihan.
  • Sering mengonsumsi makanan berlemak.
  • Kebersihan yang tidak terjaga, baik pribadi maupun lingkungan.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Bersentuhan dengan penderita bisul.
  • Memiliki infeksi kulit yang dibiarkan.

Cara Mencegah Bisul

Bakteri dari bisul bisa menular, sehingga Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi resiko berulang atau menyebar. Diantaranya adalah menjaga keberihan tubuh yang baik dengan mandi secara teratur dan mencuci tangan dengan sabun, hindari penggunaan barang-barang pribadi secara bersama-sama, tutupi luka dengan perban steril hingga sembuh dan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.