Manfaat Kalsium Untuk Anak Selama Masa Perkembangannya
Parenting

Manfaat Kalsium Untuk Anak Selama Masa Perkembangannya

Perkembangan motorik pada anak dalam usia pertumbuhan merupakan sebuah hal yang sangat penting. Kemampuan motorik pada anak ditandai dengan kemampuan menggunakan alat gerak mereka dalam menjalani hari. Kemampuan ini juga berhubungan dengan kemampuan koordinasi otot dalam tubuh anak tersebut. Melalui kemampuan motorik yang baik maka anak mampu dan siap untuk melakukan jelajah lingkungannya tersebut. Hal tersebut juga akan mendukung perkembangan dan pola pikir pada anak.

Kemampuan motorik anak didukung oleh berbagai nutrisi yang dikonsumsi oleh anak. Dimana salah satunya merupakan dari asupan nutrisi kalsium dan vitamin D. kedua hal tersebut berperan secara sinergi dalam tumbuh kembang anak. Selain berfungsi sebagai pendukung pembentukan tulang anak, kedua nutrisi ini juga berperan dalam kemampuan motorik anak. Sehingga manfaat kalsium untuk anak sangat besar.

Pada usia pertama anak tumbuh dan berkembang, anak akan mulai belajar untuk berdiri. Anak akan berusaha untuk berdiri melalui berbagai benda disekitarnya. Anak anak berusaha mengambil dan memainkan ragam permainan menggunakan alat gerak mereka. Sehingga asupan kalsium dan vitamin D sangat penting dalam masa awal perkembangan anak. Sebab itu, manfaat kalsium untuk anak sangat penting dalam hal tersebut.

Pada usia selanjutnya rentang 2 hingga 3 tahun, anak akan mulai menaiki tangga dan juga bermain bola. Berbagai kegiatan seperti menendang dan bermain bola dilakukan oleh anak. Dalam hal tersebut kekuatan tulang dan otot sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Sebab itu, manfaat kalsium untuk anak pada usia ini adalah mendorong dan mendukung kemampuan motorik anak. Sehingga anak akan dapat bermain dengan riang dan gembira.

Pada usia 3 tahun ke atas, koordinasi alat gerak anak akan banyak berimprovisasi. Anak akan senang berlari, melompat dan melakukan ragam kegiatan lain menggunakan sistem koordinasi alat gerak mereka. Kemampuan tersebut banyak terjadi dalam usia pertumbuhan mereka. Sebab itu, manfaat kalsium untuk anak adalah mendukung sistem alat gerak anak dalam melakukan ragam kegiatan tersebut. Dengan pemberian susu dan ragam nutrisi yang kaya kalsium, anak akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kalsium merupakan sebuah komponen penting dalam mendapatkan tulang yang kuat. Kalsium merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan tulang anak. Sebab itu, pada masa pertumbuhan anak, konsumsi kalsium yang cukup sangat penting. Sumber kalsium tersedia dalam bentuk makanan segar dan juga susu. Manfaat kalsium untuk anak akan didapatkan dengan konsumsi susu rutin pada anak.

Ragam manfaat kalsium untuk anak dalam koordinasi alat gerak sangat penting. Apabila asupan kalsium berkurang, pertumbuhan tulang anak akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan sistem alat gerak anak tidak dapat berfungsi maksimal.