Penggunaan Absensi Online
Other

Manfaat Penggunaan Absensi Online bagi Perusahaan

Memanfaatkan kecanggihan teknologi pada saat ini tentunya akan dapat mempermudah suatu hal, salah satunya adalah untuk mencatat kehadiran karyawan dalam sebuah perusahaan. Cara untuk melakukan absensi tersebut dapat dilakukan dengan alat, tetapi sudah banyak perusahaan yang menggunakan cara online. Berikut manfaat absensi online bagi perusahaan.

  • Mengurangi Biaya Penggunakan Mesin Sidik Jari

Anda dapat membanyangkan jika suatu perusahaan diharuskan menyediakan mesin absensi sidik jari pada tempat bekerjanya, tentu hal tersebut dapat menimbulakn biaya tambahan. Sebuah perusahaan harus menyediakan banyak sekali mesin sidik jari pada setiap tempat untuk melakukan absensi bagi karyawannya.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan absensi secara daring. Cara yang dapat dilakukan oleh karyawan untuk melakukan pencatatan data kehadirannya dalah dengan menggunakan aplikasi pada telepon pintar miliknya. Hal tersbeut sangatlah mudah dilakukan bagi karyawan bila dibandingkan dengan harus menggunakan mesin sidik jari.

  • Mengurangi Potensi Kecurangan yang Dilakukan oleh Karyawan

Data yang telah didapatkan dengan absensi secara daring, kemudian akan diolah secara langsung atau segera. Hal tersebut dengan maksud agar hasil yang dicatat dapat sama seperti infromasi yang dihasilkan dengan mesin absensi kantor dan dapat tersaja secara cepat.

Maka dari itu, penggunaan sistem tersebut akan sangat mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan terhadap absensi milikinya. Selain hal tersebut, penggunaan absensi secara daring juga dapat mengurangi potensi kecurangan yakni titip absen. Hal tersebut dikarenakan karyawan mempunyai identitas masing-masing dan tak bisa dipakai orang lain.

  • Mempermudah Analisa Kinerja Karyawan

Data secara realtime akan didapatkan dengan penggunaan absensi secara daring. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk melakukan sebuah evaluasi serta menganalisa kinerja dari karyawan yang bersangkutan.

Penggunaan absensi secara daring, data dari kedatangan karyawan akan langsung diproses dan tersimpan dalam database kantor. Hal tersebut, dapat membuat kantor tidak perlu lagi untuk melakukan rekapitulasi dari absensi karyawa yang sedang tidak bekerja di kantor. Data dari kehadiran tersebut dapat dijadikan sebagai poin untuk bahan penialaian karyawan.

  • Meningkatkan Kinerja dari Karyawan

Tentu saja sangat melelahkan dan sulit dilakukan, bila karyawan laangan harus datang ke dalam kantor setiap harinya untuk melakukan absensi kehadiran. Waktu yang dimiliki oleh karyawan tersebut akan banyak terbuang untuk harus datang ke kantor terlebih dahulu sebelum melakukan kerja di tempatnya.

Namun, Anda tak perlu khawatir, dengan penggunaan absensi online maka waktu yang dimiliki oleh Anda untuk melakukan proses absen di kantor dapat dialihakan pada tempat kerja yang seharusnya yakni di lapangan. Hal tersbeut akan membuat kinerja dari karyawan lapangan dapat mengalami peningkatan.

  • Perhitungan Jam Lebih Akurat

Keberadaan dari internet untuk mendukung sistem ini akan memungkinkan sebuah sinkronisasi waktu pada tiap-tiap perangkat yang terhubung. Waktu yang ditampilakan pada telepon pintar Anda dengan komputer maupun laptop akan tetap sama. Hal tersebut juga akan membuat waktu absensi yang telah tercatat dalam sistem menjadi lebih akurat.

Tingkat akurasi dari sistem tersebut menjadi poin penting untuk digunakan dalam pengukuran kinerja dari karyawan perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan Anda mempunyai kebijakan berupan gaji yang berpedoman pada kehadiran serta keterlambatan yang dimiliki ole karyawan.

Itu tadi beberapa manfaat dari penggunaan absensi online pada sebuah perusahaan. Penggunaan sisitem tersebut akan sangat membantu perusahaan untuk melakukan pendataan kehadiran dari karyawannya. Sealin itu manfaat tersebut juga dapat didapatkan oleh karyawan dengan tidak harus membuang waktu sia-sia.