Manfaat Vitamin dan Macam-macam Jenisnya
Kesehatan

Manfaat Vitamin dan Macam-macam Jenisnya

Ada banyak manfaat vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Selain kaya akan manfaat, ada banyak pula macam-macam vitamin yang harus didapatkan setiap harinya. Karena banyak macamnya, sumber vitamin juga berbeda sesuai dari jenis makanan yang dikonsumsi. Agar lebih jelas, mari kenali bersama manfaat dan macam-macam vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia.

Manfaat dan Macam-macam Vitamin bagi Tubuh

1. Vitamin A

Menjaga kesehatan mata merupakan merupakan manfaat yang diberikan oleh vitamin A. Mulai dari membedakan warna hingga melihat dalam cahaya redup mata kita akan dibantu oleh vitamin ini. Sumber vitamin A dapat ditemukan pada sayur wortel, ubi jalar, anggur, apel, hati ayam, kiwi, paprika merah dan brokoli.

2. Vitamin B

Vitamin B terbagi ke dalam 8 jenis yang memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda bagi tubuh, antara lain:

  • Vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin B3 untuk menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh.
  • Vitamin B5 untuk memproduksi hormon dan asam lemak dari sel tubuh.
  • Vitamin B6 untuk membantu memproduksi sel darah merah serta menghasilkan energi dari cadangan gula.
  • Vitamin B7 (biotin) membantu memproduksi asam amino dan asam lemak ketika tubuh membutuhkannya.
  • Vitamin B9 (asam folat) memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan ibu hamil guna meminimalisir resiko janin cacat.
  • Vitamin B12 berfungsi memelihara fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah.

Sumber makanan vitamin B dapat ditemukan pada ikan, daging, olahan susu, kacang-kacangan, sayur dan buah, serta roti dan pasta.

3. Vitamin C

Produksi kolagen yang dibutuhkan tubuh bersumber dari vitamin C. Kolagen sendiri memiliki manfaat memperkuat pembuluh darah, membantu penyembuhan luka, dan menjaga kekenyalan kulit. Adapun sumber makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, leci, kesemek, lemon, dan masih banyak lagi.

4. Vitamin D

Pertumbuhan tulang yang didapat dari penyerapan kalsium dibantu oleh vitamin D. Selain itu, vitamin D juga membantu tubuh melawan infeksi dengan memperkuat sistem imun. Vitamin D dapat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, kuning telur, susu kedelai, susu sapi jamur dan sebagainya.

5. Vitamin E

Kerusakan pada sel-sel tubuh bisa dilindungi oleh antioksidan dalam vitamin E. Sistem kekebalan tubuh juga diperkuat oleh vitamin ini. Adapun sumber makanan vitamin E dapat ditemukan pada kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan laut.

6. Vitamin K

Menjaga kekuatan tulang dan membantu proses pembekuan darah merupakan fungsi utama dari vitamin K. Sumber vitamin K dapat diperoleh dari minyak nabati, sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Penuhi Kebutuhan Vitamin dari Produk Sahabat Nestle

Vitamin memiliki peran penting sebagai nutrisi tubuh. Setiap hari tidak terlalu banyak jumlah vitamin yang dibutuhkan, meskipun senyawa tersebut memiliki fungsi penting bagi tubuh kita. Vitamin bisa didapatkan dari berbagai sumber, mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, ikan hingga produk-produk dari Sahabat Nestle.

Yuk, dapatkan semua kandungan dan manfaat vitamin yang dibutuhkan tubuh kita dari produk-produk Sahabat Nestle.