Investasi Reksadana Saham
Lifestyle

Mau Investasi Reksadana Saham lewat Pinjaman Uang? Pahami Ini Dulu

Jenis investasi reksadana itu kan cukup banyak. Nah, artikel ini hanya akan membahas tentang investasi untuk reksadana saham lewat pinjaman uang. Berhubung keuntungannya yang lumayan dibanding instrumen lainnya. Khususnya untuk Anda yang masih baru. Beberapa hal ini wajib Anda pahami kalau mau terhindar dari potensi investasi “tanpa untung”.

Harga Saham itu Fluktuatif

Pergerakan nilai saham di pasar modal itu bisa naik-turun dengan sangat cepat. Tidak seperti logam mulia semacam emas, berlian, dan sebagainya. Tapi tidak seekstrem mata uang digital macam Bitcoin kok. Kalau disetarakan, barangkali mirip dengan pasar uang. Untuk itu, lebih baik lakukan investasi dalam jangka panjang. Misalnya 5 hingga 10 tahun biar tak sia-sia.

Ketahui Prinsip Jual-Beli Saham

Memang sih soal jual-beli saham itu sudah ditanggung oleh manajer investasi. Sedangkan Anda hanya diperkenankan menetapkan jangka waktu investasi. Sebetulnya sederhana saja. Ketika harga saham turun, maka lebih untuk beli. Sedangkan saat harga saham naik, maka jual lebih baik. Pantau terus informasi tentang pasar modal sebelum menetapkan durasinya.

Pahami Perbandingannya

Setiap perusahaan pasti memiliki data yang memuat berbagai dokumen tentang penawaran maupun informasi penjualan saham. Jadi lakukan perbandingan antara perusahaan yang satu dengan lainnya. Baru kemudian tetapkan jangka waktu untuk berinvestasi.

Perhatikan Performa Reksadana Sebelumnya

Manajer investasi harus selalu melaporkan hasil penjualan maupun pembelian saham. Termasuk juga performa reksadana pilihan Anda sebelumnya. Walaupun jangka waktu yang sudah disepakati tidak berubah, setidaknya Anda tahu bagaimana pergerakan jenis reksadana pilihan Anda itu. Setiap datanya dicatat berdasarkan indikator pergerakan nilai saham harian.

Prediksi Pergerakan Ekonomi di Masa Depan

Poin ini paling cocok diterapkan ketika Anda mau pindah dari reksadana saham ke investasi saham. Soalnya investasi saham itu semua harus diurus sendiri. Anggap saja investasi di sektor reksadana saham itu sebagai latihan untuk menuju ke tahap lanjutan. Mengingat keuntungan investasi saham jauh lebih tinggi dari versi reksadana.

Biar lebih lengkap, lakukan simulasi untuk setiap jenis investasi reksadana yang ada. Soalnya investasi di sektor reksadana itu tidak sama dengan untung-untungan. Semua bisa dijelaskan. Hanya saja selama ini kunci analisis itu berada di belakang layar manajer investasi. Pertimbangkan pula jenis pinjaman uang yang paling sesuai untuk investasi.