Mengenal Adverb
Lifestyle

Mengenal Adverb: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Adverb adalah aspek penting yang perlu kamu pelajari untuk menguasai tata bahasa Inggris atau grammar. Meskipun perannya hanya sebagai pemanis dalam sebuah kalimat

Apa Itu Adverb?

Dilansir dari Cambridge Dictionary, adverb adalah kata bantu yang berfungsi memberikan informasi tambahan mengenai suatu verb, adjective, atau adverb itu sendiri. Sebagian adverb ada yang berpengaruh terhadap kata yang diimbuhnya, sebagian lagi hanya penambah informasi saja. Berikut contoh kalimat yang menggunakan adverb dan tidak:

  • My brother can speak even if he’s barely a year old
  • My brother can speak clearly even if he’s barely a year old

Ciri-Ciri Adverb

1. Menjadi Keterangan Tambahan

Sebuah kalimat sejatinya bisa berdiri tanpa adverb. Meskipun informasi terlihat berkurang, ketiadaan adverb tidak mengubah suatu kalimat menjadi tidak sempurna. Namun, penambahan adverb dalam sebuah kalimat dapat membuat kalimat menjadi lebih spesifik.

2. Bisa Diletakkan di Awal, Akhir, atau Terpisah

Adverb adalah kata keterangan yang berfungsi menambahkan informasi ke dalam kalimat. Dikarenakan sifatnya yang hanya sebagai penambah, posisi adverb lebih fleksibel dalam sebuah kalimat. Berikut contohnya:

  • I ran quickly to the school gate before it had been closed
  • I ran to the school gate quickly before it had been closed
  • I quickly ran to the school gate before it had been closed

3. Umumnya Berimbuhan -ly

Umumnya adverb dibentuk dari kalimat adjective yang diberi imbuhan -ly di akhir kata. Beberapa contohnya seperti quickly, hardly, surprisingly. Namun begitu, ada beberapa adverb yang tidak memiliki akhiran -ly, seperti very, quite, just, together, dan sebagainya.

4. Tidak Bisa Memodifikasi Noun

Adverb tidak bisa menjadi modifier dari noun sehingga keduanya tidak dapat menjadi noun clause. Noun hanya dapat dimodifikasi oleh adjective.

5. Bisa Memodifikasi Derajatnya

Selain adjective, adverb juga bisa memodifikasi sesamanya atau adverb lain. Biasanya adverb yang bisa memodifikasi adverb lainnya adalah adverb of degree. Contohnya seperti “I’m truly deeply in love with the girl I met yesterday”.

Jenis-Jenis Adverb

1. Adverb of Time

Adverb of time adalah kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai waktu. Contoh dari adverb of time adalah now, yesterday, early, late, soon, dan lain-lainnya.

2. Adverb of Place

Adverb of place adalah kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai suatu lokasi, letak, atau tempat. Beberapa contohnya seperti down, here, there, somewhere, dan lain sebagainya.

3. Adverb of Degree

Adverb of Degree adalah kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai derajat intensitas sebuah kondisi. Beberapa contohnya seperti almost, quite, too, extremely, dan lain sebagainya.

4. Adverb of Manner

Adverb of manner adalah kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai cara atau bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Hampir semua adverb of manner tersusun dari adjective + -ly sehingga lebih mudah dibandingkan jenis lainnya.

5. Adverb of Frequency

Adverb of frequency adalah kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai derajat keseringan atau frekuensi seseorang melakukan sesuatu. Beberapa contohnya seperti: never, hardly ever, rarely, usually, often, dan lain sebagainya.