Mengenal Tentang Kopi Latte, Minuman Favorit Semua Orang
Other

Mengenal Tentang Kopi Latte, Minuman Favorit Semua Orang

Bisa dibilang kopi latte merupakan salah satu kopi yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan karena campuran rasa kopi dan susunya yang pas. Kopi latte memiliki rasa pahit dan manis yang khas membuat setiap tegukan latte akan memanjakan lidah. Wajar jika kopi latte disukai oleh banyak orang terutama bagi yang tidak menyukai kopi yang terlalu pahit.

Apa Itu Kopi Latte?

Kopi latte atau caffe latte merupakan campuran kopi dan susu dengan takaran 1/3 espresso dan 2/3 steamed milk. Kopi di bagian bawah kemudian dituang dengan buih susu yang tipis saja di permukaan. Komposisi pembuatan kopi latte memang hampir mirip dengan cappuccino namun yang membedakannya yaitu foam pada kopi latte lebih sedikit sehingga rasanya akan lebih creamy dan milky.

Latte sendiri dapat disajikan dengan atau tanpa gambar di atas permukaannya tergantung penyajian dari cafe. Anda bahkan bisa memesan gambar yang diinginkan pada permukaan latte sesuai dengan yang ditawarkan pada menu di cafe tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman dan mulai banyak bermunculan cafe bergaya khas Italia, minuman kopi dengan espresso based ini sangat digemari. Para pecinta kopi espresso based mengenal kopi latte sebagai kopi yang kental, cremy, milky, dan tidak pahit. Namun sebenarnya penyajian kopi latte seringkali salah diartikan oleh banyak orang.

Coffee latte atau caffe latte dalam bahasa Italia artinya kopi susu yang merujuk pada bahan campuran sebagai komposisi kopi latte. Pada campuran komposisi susu pada kopi latte harus di steam terlebih dahulu dengan uap panas dari mesin kopi. Prosesnya mirip dengan capuccino namun untuk hasil steamnya berbeda karena foam capuccino akan lebih kental dibandingkan foam kopi latte.

Untuk rasio campuran espresso dan susu kopi latte yaitu 1:2. Jadi misalnya jika ukuran espresso 30 ml maka dibutuhkan takaran susu sebanyak 60 ml. Susu disteam terlebih dahulu kemudian dicampurkan ke espresso dengan cara menuangkan susu secara perlahan tepat di bagian tengah kopi agar dapat memberikan penampilan kopi latte yang menarik.

Dalma penyajian kopi latte juga dapat digunakan untuk membuat latte art pada saat menuangkan susu pada kopi. Gambar-gambar yang umum dihasilkan yaitu bentuk hati, daun, dan hewan. Namun di beberapa cafe, barista juga dapat memberikan gambar lain yang lebih unik dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi agar memberikan presentasi yang bagus sehingga minuman kopi latte akan menjadi lebih menarik.

Apabila anda ingin meyicipi kopi latte yang nikmat dan lezat, anda bisa mencoba mesin dan kapsul dari NESCAFE Dolce Gusto varian Latte Macchiato. Kopi ini memiliki buih susu dan crema yang lembut di atasnya dengan bantuan proses mesin kopinya mampu menghasilkan kopi latte yang berkualitas.