Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Ilmiah Lain
Other

Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Ilmiah Lain

Laporan penelitian merupakan sebuah karya yang dibuat setelah seseorang melakukan penelitian. Dari laporan tersebut, akan terlihat bagaimana proses penelitian dilakukan. Mulai dari latar belakang penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, tinjauan pustaka, hasil dan pembahasan serta kesimpulan dapat diketahui dengan membaca laporan penelitian. Dalam pembuatannya, seorang peneliti pasti membutuhkan referensi. Banyaknya referensi yang dipakai nantinya akan ditulis dalam daftar pustaka.

Menurut http://novosti-mir.com/tips-menulis-artikel-di-koran-dalam-daftar-pustaka/ dalam penelitian yang baik, tentu saja harus berisi daftar pustaka yang baik pula. Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah atau ketentuan bisa menjadi cara untuk berterima kasih dan menghargai pemikiran orang lain yang kamu jadikan referensi. Selain itu, penulisan daftar pustaka juga bisa dijadikan petunjuk tentang kredibilitas peneliti dan bagaimana validitas hasil penelitian yang dilakukan. Ada banyak sekali sumber yang bisa kamu jadikan referensi dalam melakukan penelitian.

Jurnal Ilmiah

Selain majalah, buku, koran dan internet, jurnal ilmiah biasanya juga bisa kamu jadikan sumber referensi. Ada banyak sekali jurnal ilmiah yang dijadikan menjadi satu untuk memudahkan pembaca atas topik tertentu. Nah, melalui kumpulan jurnal ilmiah tersebut, kamu bebas mencari referensi apa saja yang sesuai dan bermanfaat untuk penelitian yang sedang dilakukan. Cara menulis daftar pustaka yang diambil dari jurnal ilmiah hampir sama dengan menulis daftar pustaka dari sumber lain, yaitu:

  • Penulis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daftar pustaka menjadi salah satu cara untuk berterima kasih kepada buah pikir orang lain yang digunakan dalam penelitian. Itulah mengapa, nama penulis jurnal yang kamu gunakan sebagai referensi harus ditulis di awal. Jangan lupa untuk membalik nama penulis yang terdiri lebih dari satu kata.

  • Tahun

Tahun terbit adalah data selanjutnya yang ditulis dalam daftar pustaka setelah nama penulis.

  • Judul Artikel

Judul artikel merupakan hal pasti yang harus dicantumkan. Akan sangat menyulitkan bagi orang lain yang ingin membaca referensimu bila tidak ada judul artikel jurnal yang tercantum.

  • Judul Jurnal

Seperti yang telah dikatakan, beberapa jurnal ilmiah dibukukan menjadi satu dengan jurnal ilmiah lain dalam topik tertentu. Maka, setelah menulis judul artikel, kamu juga perlu mencantumkan judul jurnal.

  • Kota dan Nama Penerbit

Kota dan nama penerbit menjadi elemen terakhir yang perlu ada. hal ini bertujuan untuk memudahkan orang lain mencari jurnal ilmiah yang dimaksud. Cara ini juga dianggap sebagai rasa terima kasih atas penerbit yang sudah mau mendistribusikan karya.

Menulis daftar pustaka dari jurnal ilmiah dapat dilakukan dengan menulis data di atas secara urut. Penulisan yang baik akan menunjukkan bagaimana kualitas peneliti dan hasil penelitian yang dilakukan. semakin sedikit kesalahan, tentu saja kredibilitas yang dimiliki menjadi lebih besar.