Cara Mengatasi Diare dengan Bahan-Bahan yang Ada di Rumah
Kesehatan

Mudahnya Cara Mengatasi Diare dengan Bahan-Bahan yang Ada di Rumah

Diare kerap menjadi gangguan kesehatan yang membuat penderitanya tidak nyaman beraktifitas. Hal tersebut disebabkan oleh perut yang terasa melilit, mulas, dan keinginan untuk buang air besar terus menerus. Selain itu, tubuh lama-kelamaan juga akan lemas. Namun, tidak perlu panik karena bahan-bahan di rumah dapat dijadikan pertolongan pertama sebagai cara mengatasi diare.

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Diare

  • Membuat oralit sendiri

Umum diketahui bahwa oralit adalah obat diare yang sudah banyak digunakan. Namun, tidak selalu harus pergi ke apotek karena oralit dapat dibuat sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menyiapkan gula pasir sekitar 6 sendok teh dan garam sekitar 1 sendok teh kemudian larutkan dalam air, dan aduk hingga merata.

  • Membuat minuman jahe

Bumbu dapur seperti jahe juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan diare. Kandungan baik pada jahe akan efektif memerangi bakteri, menghilangkan rasa nyeri, dan mencegah radang. Dengan begitu, keadaan perut saat terkena diare juga akan terjaga. Caranya mudah, cukup ambil satu ruas jahe kemudian potong-potong. Setelah itu, rebus dalam air hingga mendidih, dan jahe pun siap diminum.

  • Banyak minum air putih

Cara ini sangat mudah dipraktekkan karena hanya mengandalkan air putih saja. Memang ada manfaat air putih untuk diare? Tentu saja ada. Air putih dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh sehingga mencegah dehidrasi. Hal tersebut bermanfaat bagi penderita diare yang pasti kehilangan banyak cairan. Apabila tidak kuat minum banyak, maka sedikit saja asalkan tubuh tetap terhidrasi.

  • Membuat bubur wortel

Penderita diare pasti sangat tidak nyaman karena fese yang keluar terus menerus encer. Agar tidak berlangsung lama, maka disarankan untuk rajin mengonsumsi bubur wortel selama diare. Berkat kandungan pektin pada wortel, feses akan kembali memadat. Cara membuatnya mudah, pertama bersihkan wortel dan potong-potong terlebih dahulu. Setelah itu, blender hingga halus.

  • Mengonsumsi rebusan kentang

Apabila tidak terlalu suka wortel, alternatif lain adalah kentang. Selain memiliki rasa yang lezat, kentang dapat membantu mengatasi diare berkat kandungan kalium di dalamnya. Cara mengolahnya yakni kentang dikupas terlebih dahulu untuk kemudian dicuci. Setelah itu, kukus kentang hingga empuk sehingga lebih enak dimakan. Tidak perlu menggunakan tambahan perasa, dan saus, misalnya.

  • Mengonsumsi pisang

Bagi pencinta buah-buahan, cukup konsumsi pisang sebagai pertolongan pertama saat diare. Sama halnya dengan wortel, kandungan pektin juga ditemukan dalam pisang. Selain itu, kandungan lain seperti kalium juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau dibuat bubur dengan cara diblender. Tidak perlu menambahkan bahan lain karena rasa pisang sudah enak.

Karena sudah mengetahui obat alami yang dapat digunakan, maka tidak perlu lagi panik saat terkena diare. Apalagi bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di rumah. Namun, apabila gejala diare yang dirasa semakin parah dan tidak kunjung sembuh, harus segera memeriksakan diri ke dokter. Penanganan lebih lanjut dibutuhkan untuk mencegah terjadinya komplikasi.