Penting! Inilah Tips Ajarkan Toilet Training pada Anak
Lifestyle

Penting! Inilah Tips Ajarkan Toilet Training pada Anak

Toilet training merupakan latihan yang diberikan pada anak untuk mengenalkan rasa ingin buang air kecil atau buang air besar dan apa yang harus dilakukan. Banyak orang tua yang belum mengenal toilet training dalam pelaksanaan parenting. Untuk mencapai keberhasilannya, orang tua harus melakukan beberapa usaha.

  • Berikan pada Waktu yang Tepat

Toilet training sudah bisa dilakukan ketika anak Anda sudah bisa berjalan sendiri. Kebanyakan orang tua, masih memakaikan popok atau pampers pada anak mereka. Hal ini sebenarnya tidak baik untuk anak karena bisa menumbuhkan rasa malas dan juga menimbulkan iritasi jika pemakaiannya tidak cocok.

Ketika buah hati sudah bisa berjalan, Anda juga bisa menerapkan latihan ini pada mereka. Namun, beberapa orang tua menerapkan latihan ini pada anak mereka saat sudah bisa berbicara dan berjalan. Dengan demikian, anak bisa mengungkapkan keinginan untuk buang air kecil atau besar dengan lebih mudah.

  • Sediakan Alat Khusus untuk Mengajarkan Toilet Training

Meskipun banyak orang tua yang mengabaikannya, menyediakan alat khusus dalam penerapan toilet training sangatlah penting. Sekarang ini, mudah bagi kita untuk mencari alat khusus berupa toilet mini dengan desain yang cantik. Kita bisa memasang alat tersebut pada toilet untuk bisa digunakan pada anak.

Bahkan, kita juga bisa menggunakan alat tersebut di mana saja untuk mengajarkan kepada anak bagaimana cara menggunakannya. Dengan demikian, anak menjadi lebih mudah untuk melakukan buang air besar atau buang air kecil.

  • Berikan Penjelasan dan Arahkan

Tips parenting yang selanjutnya adalah memberikan penjelasan pada anak mengenai kegunaan alat tersebut dan mengapa harus menggunakannya. Berikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Selain menjelaskan, Anda juga harus memberikan contoh atau memberikan kesempatan pada anak untuk praktik langsung.

Pada awalnya, pasti Anda akan menjumpai kesulitan dalam mengajarkan kebiasaan ini pada anak. Tapi, hal ini wajar terjadi dalam proses pembelajaran. Yang terpenting adalah Anda terus mengajarkan kepada mereka mengenai kebiasaan ini.

  • Berikan Award untuk Motivasi

Setiap kebiasaan baik yang ingin kita pertahankan pada diri sang anak, kita bisa memberikan award kepada mereka. Saat anak berhasil pergi ke toilet ketika ingin buang air besar atau kecil, maka Anda bisa memberikan sanjungan kepada mereka. Katakan bahwa, mereka hebat, pintar atau anak baik.

Dengan kata-kata yang sederhana tersebut, bisa memberikan motivasi pada anak untuk melakukan kebiasaan tersebut. Jika perlu, berikan target pada anak akan suatu hal yang disukainya. Misalnya, saat anak bisa melakukan toilet training selama satu bulan dengan baik maka anak akan mendapatkan buku cerita kesukaannya.

Usia anak memanglah menjadi usia dimana mereka mempelajari banyak hal baru. Kesalahan pasti terjadi, tinggal bagaimana orang tua bisa melakukan parenting dengan tepat. Tips menarik lain bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi orami.co.id.