Penyebab Bayi Sering Gumoh dan Cara Mengatasinya
Parenting

Penyebab Bayi Sering Gumoh dan Cara Mengatasinya

Gumoh merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi. Namun, sebagai orang tua, kita harus sigap dalam mengatasinya. Selain itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab bayi sering gumoh dan juga cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa alasan penyebab serta cara mengatasinya agar bayi bisa tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Sistem Pencernaan yang Belum Sempurna

Gumoh sering terjadi pada bayi yang masih berumur kurang dari 3 bulan. Hal semacam ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena gumoh bisa terjadi karena sistem pencernaan bayi masih belum sempurna. Untuk menjadikannya sempurna, bayi membutuhkan waktu sampai berumur 3 bulan.

2. Minum ASI dengan Cepat

Penyebab kedua dari bayi yang mengalami gumoh adalah minum ASI dengan cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena bisa saja bayi Anda memiliki sifat yang agresif atau mungkin memang sedang terlalu lapar.

3. Mulai Tumbuh Gigi

Adanya gigi yang mulai tumbuh akan membuat bayi merasa kurang nyaman. Si bayi akan memasukkan jari atau benda lain untuk mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan. Akibatnya, ia akan menelan lebih banyak ludah dan hal tersebut akan memicu terjadinya gumoh.

4. Menangis Berlebihan

Menangis adalah hal wajar, dan hal ini ternyata juga bisa menjadi penyebab terjadi gumoh pada bayi. Banyaknya udara yang masuk saat si bayi ini menangis akan memicu gumoh. Selain itu, pada saat menangis, pada bagian perut pasti akan merasa kurang nyaman, sehingga lambung akan bereaksi dan terjadilah yang namanya gumoh.

Itulah beberapa penyebab bayi sering gumoh, selanjutnya bagaimana dengan cara mengatasinya? Tidak perlu panik Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi gumoh, berikut sedikit ulasannya.

1. Menjaga Posisi Bayi

Pertama, saat bayi sedang minum ASI pastikan posisinya tegak dan juga saat setelah bayi tersebut baru selesai minum ASI. Potensi terjadinya gumoh pada saat posisi tegak sangat minim sekali, Anda bisa menahannya sampai sekitar 30 menit. Cara ini bisa membantu saluran pencernaan bisa memproses makanan dengan baik.

2. Berikan ASI dengan Rentang Waktu yang Tepat

Cara kedua untuk mencegah terjadinya gumoh adalah dengan memberikan ASI dengan tempo yang tepat. Maksud dari tempo disini adalah dengan memberikan ASI dalam jumlah sedikit namun dalam waktu yang cepat. Hal ini akan mencegah bayi terlalu kenyang dan pencernaan bisa lebih sempurna.

3. Buat Bayi Bersendawa

Cara yang ini sebenarnya sangat mudah, Anda bisa melakukannya dengan cara menepuk secara perlahan. Bersendawa akan membuat udara yang ada di kerongkongan dan perut keluar. Hal ini akan membuat perut bayi akan lebih nyaman dan tidak terjadi lagi gumoh.

Itulah tadi beberapa penyebab bayi sering gumoh dan cara mengatasinya. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa gumoh pada bayi adalah hal yang wajar. Namun, patut diwaspadai saat bayi mengalami gumoh terlalu sering, untuk memastikannya Anda bisa membawa ke klinik terdekat.