Sepatu Vans
Lifestyle

Sepatu Vans Anda Kotor? Ini Langkah Membersihkannya yang Benar!

Vans merupakan produk sepatu yang cukup terkenal di Indonesia dan banyak peminatnya. Ada banyak model sepatu Vans yang bisa Anda pilih dengan harga yang bervariasi pula. Hanya saja, seperti halnya sepatu lain, sepatu merek ini juga mudah rusak dan kotor bila Anda tak bisa merawat dan membersihkannya, lo! Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

  • Pilih Produk yang Sesuai

Untuk membersihkan seatu Vans yang sudah terlanjur kotor, terlebih di bagian solnya yang menguning, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang diperlukan. Produk tersebut bisa saja terdiri dari pemutih, pembersih cat kuku cair atau aseton, alkohol kocok, pembersih jendela, busa melamin, hidrogen peroksida dan lainnya.

  1. Pilih Area Pembersihan yang Sesuai

Setelah Anda menemukan produk pemutih apa yang bisa digunakan, pilihlah tempat kerja yang pas. Ada baiknya, Anda mengalasi tempat tersebut dengan handuk agar nodanya tidak membekas di ruangan. Khusus untuk pembersih berupa aseton atau pemutih pakaian, sebaiknya gunakan di luar ruangan atau ruangan dengan ventilasi yang cukup.

  • Tutupi Bagian Kanvasnya

Bila sepatu Anda terbuat dari bahan kanvas, agar warna sepatu tersebut tak ikut pudar, ada baiknya Anda menutupi bagian kanvas dari sepatu tersebut terlebih untuk sepatu yang berwarna. Anda bisa menutupinya menggunakan selotip kertas atau lainnya yang mencegah zat pembersih mengenai kanvas sepatunya.

  • Celupkan Ujung Sikat dalam Cairan Pembersih

Langkah berikutnya untuk membersihkan sepatu Vans Anda adalah dengan mencelupkan ujung sikat yang telah Anda siapkan dalam cairan pembersih. Setelah itu, Anda bisa langsung membersihkan permukaan sol sepatu yang kotor dengan menggerakkan sikat secara melingkar. Mulai bersihkan dari pinggir sepatu lalu lanjut ke dasar sol sepatunya.

  • Bilas dengan Air Bersih

Jika sudah, Anda bisa membilas bekas pemutih atau bahan pemutih lainnya menggunakan air bersih. Namun, bukan bernar-benar diguyur air, ya! Anda hanya perlu mengusapnya dengan tisu yang sudah dibasahi dengan air sebelumnya. Dengan begitu, sol sepatu Anda akan bersih kembali seperti semula.

  • Langsung Bersihkan Kerak Kotoran dari Sisi Luar

Kalau tadi adalah bagian sol sepatu, kini bagian kanvas atau atas dari sepatunya. Jika sepatu Anda terkena kotoran dan sudah mengerak, tentunya Anda harus membersihkan keraknya lebih dulu. Anda bisa menyikatnya menggunakan sikat dengan gerakan memutar dan pelan. Setelah itu, pukul-pukul permukaannya untuk menyingkirkan partikel seperti debu.

  • Celupkan ke Dalam Air Berbusa dan Bilas dengan Air Hangat

Bila sepatu Anda benar-benar sangat kotor, cara terbaik membersihkannya adalah dengan mencelupkannya ke air berbusa lalu sikat dengan keras untuk bagian bawah sepatu dan tetap gosokan lembut pada bagian atas sepatunya. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat untuk menjaga bahan dari sepatu tersebut.

  • Keringkan Menyeluruh

Selanjutnya, Anda harus melakukan pengeringan secara menyeluruh. Caranya, Anda harus menggunakan handuk dan menekan permukaan sepatu hingga air merembes keluar dari dalamnya. Ulangi langkah tersebut hingga kandungan airnya sedikit. Jika sepatu Anda berwarna putih, Anda bisa menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.

Nah, itulah langkah yang bisa Anda terapkan bila mau membersihkan sepatu Vans yang kotor dalam waktu singkat. Tak susah, kan? Tapi, bagaimana setelah dengan cara ini tetap tak bersih juga? Solusinya, beli yang baru! Anda bisa membelinya di Blibli saja. Sebab, Blibli menawarkan harga yang lebih terjangkau karena banyak penawaran menarik seperti diskon!