Mata Kedutan Sebelah Kiri
Kesehatan

Simak Penjelasan Lengkap Tentang Mata Kedutan Sebelah Kiri dan Faktor Penyebabnya

Banyak orang yang bilang bahwa mata kedutan sebelah kiri memberi tanda orang tersebut akan mendapat rizki yang tidak terduga. Ada pula yang menyatakan bahwa kejadian itu menjadi tanda ketika seseorang masih merindukannya. Semua ungkapan dan pendapat di atas bisa dipercaya ataupun tidak. Yang jelas, tidak ada penjelasan ilmiah yang membenarkan perkataan tersebut. Namun, ketika terlanjur mempercayainya tidak menjadi masalah. Sebab, hal ini bukan sesuatu yang perlu diperdebatkan.

Dari segi medis mencoba menerangkan bahwa kedutan atau gerakan tiba-tiba yang terjadi pada bagian mata terjadi ketika terdapat saraf yang menegang. Kejadian ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan hanya membutuhkan durasi sebentar. Namun, ketika mytokymia tersebut membuat kondisi mata tertutup dan kembali membuka itu yang perlu diwaspadai. Bagian tubuh akan bereaksi memberikan kode ketika terdapat sesuatu yang tidak bagus dalam dirinya. Begitu pula yang terjadi dengan kedutan.

Sedangkan untuk penyebab pastinya belum diketahui. Tetapi, ada alasan lain yang membuat mata mengalami kedutan. Pertama, konsumsi kafein secara berlebih. Zat yang sering ditemukan dalam kopi dan coklat ini menjadi salah satu kegemaran. Apalagi untuk Anda yang notabene orang kantoran yang sering dituntut untuk lembur. Tenaga tersebut yang membuat sesorang yang merasakan kantuk. Jadi, tubuh kekurangan tidur sekaligus memberi peluang pada otot tubuh menengang dan kejang.

Kedua, merokok. Sama halnya dengan kafein rokok juga berpotensi membuat otot dalam tubuh menengang. Apalagi seperti yang sudah diketahui bahwasannya rokok mengandung berbagai zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Ketiga, terlalu lama berhadapan dengan gadget. Terlalu lama berhadapan dengan laptop akan membuat mata merasa lelah, sehingga otot yang ada dibagian kelopak mata berkedut. Faktor lain yang menyebabkan mata kedutan sebelah kiri ialah terdapat penyakit dalam tubuh.

Mata kedutan bisa menjadi salah satu tanda atau gelaja yang ditimbulkan karena seseorang mempunyai penyakit kronis. Anda tidak perlu khawatir hanya perlu mewaspadai. Lakukan konsultasi rutin pada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Berikut beberapa jenis penyakit yang diikuti dengan kelopak mata kedutan. Yaitu:

  1. Blepharospasm, sebuah penyakit yang membuat penderitanya mengalami kedutan secara abnormal. Belum diketahui pasti apa penyebabnya. Namun, jajaran dokter mempercayai bahwa hal ini terjadi karena terjadi kerusakan pada bagian otak yang mempengaruhi fungsi motorik.
  2. Hemificial spasm, untuk jenis ini tidak ada kaitannya dengan fungsi otak dalam. Tetapi, disebabkan oleh terdapat gangguan saraf wajah. Sehingga meninbulkan gerakan aneh pada bagian mata.
  3. Bell’s palsy, termasuk gangguan yang terjadi pada saraf wajah yang membuat penderitanya mengalami kelemahan otot sekitar wajah. Lebih membahayakannya jenis penyakit ini berisiko menimbulkan kelumpuhan pada seseorang.
  4. Dystonia adalah gangguan yang menyebabkan kontraksi pada otot sehingga membuat penderitanya melakukan gerakan berulang dan tidak biasa. Tidak heran jika kemudian saraf mata menengang sekaligus menimbulkan gerakan yang tidak terkendali.
  5. Multiple sclerosis (MS) termasuk gangguan yang menyerang sistem saraf pusat yang membuat penderitanya mengalami kehilangan keseimbangan, dan masalah penglihatan.

Mata kedutan sebelah kiri bukan hal yang perlu ditakutkan selama masih dibilang normal. Anda mempunyai kendali untuk menjaga kesehatan badan. Kembali pada pola hidup sehat dan menyediakan waktu yang cukup untuk berolah raga. Tidak perlu lama hanya butuh waktu 30 menit untuk lari pagi setiap hari, sekaligus imbangi semua kegiatan dengan pola pikir positif.