Tips Jasa Penyimpanan Barang Agar Barang Tetap Aman
Other

Tips Jasa Penyimpanan Barang Agar Barang Tetap Aman

Dalam bisnis industri, gudang merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki unuk menyimpan barang sehingga dapat mengatasi terjadinya kerusakan barang, lebih mudah menghitung stok dan juga pastinya lebih terorganisir. Apabila belum memiliki gudang, tersedia layanan jasa penyimpanan barang yang bisa disewa per hari atau per bulan tergantung kebijakan penyedia layanan.

Tips Menyimpan Barang

Sebelum memilih jasa penyimpanan barang, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar dapat menjamin barang tetap aman bahkan hingga hitungan bulan.

  • Perhatikan kualitas packing

Sebelum menyimpan barang, ada baiknya untuk menyiapkan packaging seperti kotak kardus atau kotak kayu yang sudah dilapisi dengan bubble wrap atau sterofoam tergantung produk yang akan disimpan.

Produk yang rentan pecah sebaiknya diberikan pengemasan yang ekstra agar tidak rusak dan anda bisa memberikan label pada masing-masing packaging untuk yang mudah pecah dan juga tulis nama produk yang ada di dalamnya agar mudah ketika anda membutuhkannya.

  • Gunakan pallet terbaik

Pallet merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting dalam jasa penyimpanan barang. Pallet bertujuan untuk menahan beban dari barang yang memiliki berat yang bervariasi dan juga sebagai alas muatan untuk menghindarkan dari kotoran yang ada di lantai dan juga menghindari air jika saja hujan dan banjir.

Bagi yang menggunakan pallet tentu akan merasakan bedanya saat tidak menggunakan pallet. Sebaiknya anda menggunakan pallet plastik karena lebih tahan lama dibandingkan pallet kayu yang dapat lapuk terkena air atau dimakan rayap.

  • Perhatikan tumpukan penyusunan barang

Salah satu tips dalam menyusun barang agar bisa menghemat biaya penyimpanan barang yaitu memperhatikan tumpukan barang. Jadi anda harus pintar menyusun barang dengan cara ditumpuk dan pastikan barang yang berat diletakkan di bawah. Barang yang ringan diletakkan di atas agar tidak merusak barang-barang tumpukan di bawahnya.

  • Jangan menyimpan barang berbahaya tanpa persetujuan

Apabila anda menyewa jasa simpan barang namun barang yang akan disimpan merupakan barang-barang berbahaya seperti korosif, mudah meledak, mudah terbakar, atau zat kimia yang reaktif, ada baiknya membahasnya dengan pihak penyedia jasa terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian untuk anda dan juga bagi pihak penyedia jasa. Dengan ini maka penyimpanan barang dapat dilakukan dengan lebih hati-hati dan juga sesuai dengan protokol agar tidak membahayakan pihak manapun. Terkadang penyedia jasa juga memiliki aturan bahwa beberapa barang tidak akan diterima di gudang karena alasan keamanan.

Jasa Penyimpanan Barang Terbaik

Haistar merupakan perusahaan solusi e-logistic yang memiliki staff yang sudah berpengalaman di bidang industri sehingga dapat memudahkan skala bisnis kliennya dan membantu bisnis tumbuh dan berkembang. Haistar menawarkan layanan jasa penyimpanan barang di gudang yang pastinya aman. Bukan hanya itu saja, Haistar juga mengelola gudang meliputi seluruh proses packing, movement, shipping, receiving, dan putaway.