Tips Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Alami Keguguran
Kesehatan

Tips Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Alami Keguguran

Kehadiran dari sang buah hati tentu menjadi dambaan bagi kaum wanita yang telah menikah. Namun, bila pada sebelumnya kehamilan yang telah didapatkan mengalami kejaian yang tak menyenangkan, misalnya keguguran tentu Anda akan kebingungan tentang masa subur selanjutnya. Berikut tips untuk menghitung masa subur wanita setelah alami keguguran.

  • Perlu mengenal Jangka Waktu Selama Siklus Haid

Seperti yang banyak orang lakukan, cara untuk mengetahui masa subur dari wanita adalah dengan menandai tanggal haid pada kalender yang sudah menjadi kebiasaan. Hal tersebut dilakukan dikarenakan berguna dapat mengetahui lama jangka waktu pada siklus haid dalam satu periode.

Pada normalnya siklus haid berlangsung selama 21 hingga 35 hari. Siklus tersebut dapat dihitung sejak hari pertama haid hingga hari pertama haid pada periode haid setelahnya. Anda dapat melakukan perhitungan terhadap siklus haid tersebut selama beberapa bula untuk dapat memastikan dan juga melihat konsstensi jangka waktu masing-masing periode.

Namun, bila Anda mengalami pendarahan dalam kategori ringan yang termasuk dalam haid, maka Anda harus memberikan tanda pada kalender dengan sejumlah keterangan. Selain Anda bisa mengetahui kondisi yang terjadi pada siklus haid, informasi atau catatan tersebut tentunya juga dapat memudahkan dalam mengetahui masa subur dan datangnya ovulasi.

  • Mengenal Perubahan Tubuh Ketika Ovulasi

Banyak dari wanita yang kurang menyadari hadirnya masa subur tersebut. Maka dari itu, Anda perlu sesekali untuk menyadari bebrapa kemuculan sebagai pertanda dari ovulasi. Kepekaan terhadap perubahan yang biasanya dirasakan antara lain rasa nyeri atau kram pada salah satu sisi panggul, payudara terasa sakit hingga suhu tubuh yang semakin tidak stabil.

  • Mengenali Tanda-Tanda Masa Subur Melalui Metode Tertentu

Selain Anda dapat menghitung masa subur dengan menggunakan kalender. Anda juga dapat mengenali tanda-tanda lain sebagai datangnya masa subur. Tanda-tanda tersebut dapat diketahui salah satunya dilakukan dengan metode suhu basal. Cara tersebut dapat dilakukan setiap pagi.

Anda harus mengusahakan untuk melaksanakan metode ini sebelum beranjak dari tempat tidur. Bila sudah terlihat tanda-tanda dari ovulasi, maka masa subur dapat diketahui dengan kenaikan suhu basal tubuh sebanyak 0,3 hingga 0,5 derajat celcius. Selain itu cara lain yang juga dapat dilakukan oleh Anda untuk mengatahui masa subur adalah dengan tes urine.

Bila Anda ingin menghitung masa kesuburan setelah mengalami keguguran secara akurat, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi dari tubuh secara sesungguhnya pasca keguguran.

Demikian cara yang digunakan untuk menghitung masa subur yang dimiliki oleh wanita setelah mengalami keguguran. Cara yang lain juga dapat Anda temukan dalam situs orami.co,id. Informasi dalam situs tersebut sangatlah lengakp untuk mengetahui cara dalam menghitung masa kesuburan yang Anda miliki.